3 Solusi untuk Mengatur Bisnis di Banyak Lokasi

Ukuran seberapa besar dan majunya sebuah perusahaan dapat dilihat salah satunya dari penambahan jumlah lokasi bisnis yang dimiliki. Ini bukanlah hal sederhana yang dapat ditangani. Dibutuhkan tips, trik, dan strategi khusus untuk menangani hal tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa memperluas cakupan bisnis, terutama dalam konteks geografis, merupakan pekerjaan yang rumit. Terlebih untuk mengatur logistik dan pengelolaan manajemen yang pastinya menjadi lebih kompleks seiring dengan semakin luasnya bisnis yang dimiliki. Tanpa penanganan yang baik, bukan tidak mungkin cabang bisnis baru yang Anda harapkan malah tidak memberikan profit apa-apa dan justru membahayakan kelangsungan seluruh roda bisnis yang Anda miliki.

Ada beberapa masalah yang dapat terjadi dalam menangani bisnis dengan banyak lokasi, yaitu :

  1. Sulitnya memantau bisnis yang memiliki cabang karena jadwal yang padat dan tenaga yang terbatas. Pekerjaan akan terasa sulit untuk dilakukan secara konsisten karena hal tersebut. Apalagi, jika letak dua lokasi tersebut berjauhan satu sama lain.
  2. Sulitnya berkomunikasi secara personal dan memantau para karyawan yang tersebar di banyak cabang. Hal ini dikarenakan banyaknya urusan yang harus ditangani dan tingginya jumlah karyawan.
  3. Timbulnya persaingan kurang sehat antarcabang secara internal. Persaingan jenis ini dapat berpengaruh buruk terhadap keberlangsungan bisnis Anda.

Beruntungnya kita yang hidup di era serba canggih ini, adanya kemajuan teknologi membuat proses pengelolaan lokasi bisnis atau cabang Anda akan terasa jauh lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan sebelumnya. Sehingga tak ada lagi permasalahan-permasalahan di atas yang mungkin akan muncul di kemudian hari.

Implementasikan sistem teknologi yang baru

Tak bisa dipungkiri, kemunculan teknologi kini telah banyak membantu aktivitas dalam ranah bisnis menjadi lebih produktif dan efisien. Tidak mengherankan apabila ada banyak perusahaan yang merekrut tenaga ahli dalam bidang IT untuk membuat suatu sistem khusus, baik itu dalam bentuk aplikasi untuk ponsel ataupun sistem pengelolaan data.

Apabila opsi ini dirasa tidak memungkinkan, terutama apabila memperhitungkan aspek budget dan sumber daya manusia yang mungkin saja belum terlalu siap untuk sistem digital yang terlalu canggih, jangan khawatir. Ada banyak aplikasi yang tersedia secara resmi di Play Store untuk gadget Android atau App Store untuk pengguna Apple.

Hal-hal lain yang dapat dilakukan adalah memastikan semua pekerjaan terselesaikan menggunakan aplikasi ceklis digital, bertukar dan mengolah data dengan lebih mudah menggunakan penyimpanan berbasis awan atau cloud storage.

Pastikan ada SOP yang jelas

Untuk membuat roda bisnis Anda dapat berjalan secara baik dan lancar tanpa perlu memantaunya setiap saat, salah satu cara yang wajib dilakukan adalah menerapkan prosedur standar operasional (SOP) yang sama di seluruh kantor.

SOP tersebut mencakup jadwal kerja, bagaimana memperlakukan pelanggan atau klien, dan cara mengelola setiap komplain yang masuk. Jadi, pastikan pelanggan Anda dilayani dengan standar yang sama di semua lokasi bisnis Anda.

Fokus pada komunikasi

Sistem yang tersusun rapi adalah suatu keharusan. Kecanggihan teknologi jika dimanfaatkan dengan maksimal akan menjadi suatu alat yang sangat luar biasa. Namun, tanpa ada usaha lebih untuk membangun komunikasi yang efektif, maka semua itu akan sia-sia.

Sebaiknya, luangkan waktu untuk melakukan rapat secara berkala dan rutin sebagai kesempatan sesama pegawai untuk saling berkoordinasi dan mempererat loyalitas pada perusahaan. Apabila tidak memungkinkan untuk dilakukannya pertemuan secara langsung, maka bisa saja dilakukan dengan bantuan aplikasi video call.

Sebagai pimpinan, lakukan kunjungan rutin ke lokasi bisnis untuk membangun kepedulian dan rasa keterikatan secara personal dengan para karyawan.

Nimbly adalah solusi mobile yang mengubah proses operasional manual menjadi insight yang dapat langsung di-followup. Dilengkapi dengan fitur-fitur seperti geolokasi dan real-time foto, membuat Anda lebih mudah untuk memantau karyawan dan bisnis yang Anda miliki., Nimbly memungkinkan perusahaan untuk melakukan manajemen operasi kapan saja, di mana saja. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Nimbly? Hubungi tim kami di sini.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Free F&B eBook: Learn from the Industry Experts

FREE eBook 8 Powerful Ingredients for F&B Success in the COVID and Post COVID Era

Read this article in your native language!

No Fluent Forms Found

Related Articles

December 28, 2020
Help Employees Manage Holiday in the Midst of Pandemic [Infographic]
This year's holiday season is way different from usual, and it might be hard for some of your employees. Here are some ways to help your employees manage holiday in the midst of pandemic.
June 28, 2021
5 Tips to Enhance Employees Morale and Happiness During Pandemic
Since the arrival of the coronavirus, millions of people working in the restaurant have been laid off. The pressures have had a negative psychic impact on mental health resulting in low spirits. Meanwhile, according to a study, happy and satisfied employees can lead to significant increase in profitability. Thus, maintaining staff morale is crucial amid this crisis. 
March 1, 2022
4 Key Outcomes of Digitalization
The main reason to digitalize your business is simply this: digitalization is not a trend, but the way the whole world is heading.
No more content to load.

Let's have a chat !

Offices

[email protected]
+65 9066 9695
+62 8212 3069 155
+1 214 736 3470
+63 950 172 5155
© 2021 – 2022 , Nimbly App