3 Tips Agar Masalah Operasional Perusahaan Cepat Selesai

January 14, 2020

Sering kali dalam menjalankan bisnis, ditemukan beberapa masalah operasional yang muncul dalam suatu perusahaan. Entah itu masalah kecil seperti lampu yang padam, atau permasalahan yang lebih serius seperti stok barang yang hilang dalam jumlah besar. Masalah-masalah seperti ini harus segera diperbaiki sebelum terlambat sehingga semua kemungkinan buruk dapat diminimalisir. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar masalah operasional perusahaan Anda dapat cepat selesai.

1. Tugaskan Isu Langsung ke Orang yang Tepat

Bayangkan saja ketika ada kesalahan mesin di salah satu outlet perusahaan Anda, karyawan harus mengirimkan surat pengajuan maintenance ke kantor pusat, kemudian menunggu beberapa hari untuk konfirmasi pengajuan, baru setelah itu ada teknisi yang datang ke outlet tersebut. Ini tentunya akan menyita banyak waktu, dan bisa jadi mesin yang tadinya baru mengalami sedikit kerusakan sudah mati total ketika teknisinya datang ke outlet. Suatu masalah jika tidak diselesaikan dengan dapat berpotensi mengakibatkan kerugian produktivitas yang besar.

Dengan Nimbly, Anda dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan segera.

Anggota tim Anda dapat langsung melaporkan masalah tersebut kepada Anda melalui aplikasi Nimbly. Tim di lapangan hanya perlu memasukkan detail kerusakan dan menambahkan foto atau video untuk memperjelas detail kerusakan yang dimaksud. Notifikasi tentang masalah tersebut dapat langsung dikirimkan ke supervisor dan departemen terkait yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut sehingga Anda tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mengetahui jika ada yang terjadi di outlet. Anda juga tidak perlu repot-repot mengunjungi outlet untuk memverifikasi kerusakan karena sudah ada fitur lampiran foto dan video.

Anda juga dapat memantau penyelesaian isu dalam satu aplikasi. Minta tim di lapangan dan tim yang membantu menyelesaikan masalah untuk meng-update penyelesaian isu di aplikasi. Foto yang dilampirkan dalam laporan hanya dapat diambil menggunakan kamera saat itu juga, jadi tim di lapangan tidak akan bisa mengirimkan foto palsu kepada Anda. Anda tidak perlu lagi mendatangi outlet atau menelepon seluruh pihak yang terkait untuk memastikan apakah masalah sudah diselesaikan atau belum. Mudah bukan?

2. Segera Laporkan Masalah setelah Pertama Kali Ditemukan

Pernahkah Anda melihat masalah kecil berubah menjadi masalah besar?

Sebagai contoh seperti file yang lupa dirapikan sehingga kesulitan untuk mencarinya saat dibutuhkan, atau masalah sepele seperti lampu yang rusak dapat menyebabkan seseorang tersandung dan berakibat pada kecelakaan kerja karena penerangan tidak optimal. Masalah-masalah kecil seperti ini dapat meningkat dengan cepat menjadi masalah besar jika tidak ada penanganan segera.

Jika permasalahan-permasalahan kecil tersebut terjadi di kantor Anda, siapa pun yang melihatnya dapat melaporkannya langsung melalui aplikasi Nimbly. Jadi masalah dengan segera dapat diselesaikan sebelum ada file yang hilang atau karyawan yang terluka. Setiap karyawan memiliki kemampuan untuk melaporkan permasalahan yang mereka lihat. Sehingga permasalahan dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat (quick respond) sebelum berubah menjadi masalah yang lebih serius.

3. Atasi Masalah dengan Berbekal Data

Terkadang, suatu permasalahan bisa terulang kembali. Satu minggu yang lalu Anda telah memerintahkan orang untuk memperbaiki masalah ini, tetapi seminggu kemudian ada orang lain yang melaporkan masalah yang sama persis.

Tanpa sebuah cara yang tepat perihal melaporkan dan menyelesaikan masalah ini, mungkin Anda akan sulit untuk sampai ke akar masalahnya. Sehingga permasalahan berulang kali terjadi. Ketika Anda dapat melihat pola kenapa kesalahan tersebut kembali terjadi, ini memungkinkan Anda untuk bisa menyelesaikannya lebih cepat.

Fitur issue tracker Nimbly memungkinkan Anda memiliki data dari kejadian yang sebelumnya, Anda bisa mengetahui tindakan apa yang telah dilakukan oleh staf Anda pada permasalahan tersebut, dan apakah sebab permasalahan sama di beberapa lokasi. Bisa jadi terdapat permasalahan yang sama persis terjadi di tempat (outlet atau kantor) yang berbeda. Sehingga Anda dapat melihat pola dari kerusakan atau permasalahan yang terjadi. Berbekal data yang lengkap, Anda dapat menyelesaikannya langsung akar permasalahan dalam waktu yang cepat.

Begitulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah maupun menghindari masalah yang ada pada manajemen operasional Anda. Dengan memanfaatkan fitur issue tracker, Anda dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tepat. Sehingga Anda dapat menghemat waktu dan juga biaya tentunya.

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Table of Contents

Read this article in your native language!

Related Articles

November 19, 2019
Pentingnya Memiliki Fitur Geolocation dalam Software Audit Anda
Jika Anda memiliki usaha di beberapa lokasi secara bersamaan, tentunya Anda tidak dapat selalu berada di masing-masing lokasi setiap saat untuk melakukan pemantauan. Padahal, setiap […]
October 1, 2019
Tingkatkan Profit dengan Manajemen Persediaan yang Efektif
Manajemen persediaan atau stok adalah salah satu hal krusial yang akan menentukan apakah perusahaan Anda akan berjalan dengan baik atau tidak. Manajemen persediaan bukan hanya […]
September 26, 2019
3 Solusi untuk Mengatur Bisnis di Banyak Lokasi
Ukuran seberapa besar dan majunya sebuah perusahaan dapat dilihat salah satunya dari penambahan jumlah lokasi bisnis yang dimiliki. Ini bukanlah hal sederhana yang dapat ditangani. […]
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy