4 Tren dalam Manajemen Operasional di 2020

January 7, 2020

Baik di industri F&B, ritel, atau apa pun industrinya, kini seluruh bisnis banyak mengalami perubahan pola pasar. Salah satu penyebab utamanya adalah perkembangan teknologi yang begitu cepat. Teknologi berhasil mengubah cara konsumen berbelanja, cara konsumen mengetahui sebuah produk, dan bahkan cara produsen menjaga kepercayaan pelanggannya. Ada begitu banyak tantangan yang akan Anda hadapi sebagai pengusaha, mengingat semakin pesatnya perubahan.

Maka ini artinya, proses manajemen operasional suatu perusahaan juga dituntut untuk terus bisa beradaptasi dengan perubahan zaman. Bahkan, bisa jadi setiap tahunnya terdapat tren baru. Di tahun yang baru ini, kira-kira apa saja tren dalam manajemen operasional yang akan terjadi di tahun 2020? Berikut ulasannya.

Investasi dalam Employee Experience

“Karyawan yang bekerja dengan bahagia mendatangkan kepuasan bagi pelanggan” itulah yang sering kali kita dengar. Kepuasan pelanggan tidak dapat dilepaskan dari kualitas pekerjaan karyawan, mulai dari produksi hingga pelayanan konsumen. Apabila karyawan bekerja dengan antusias dan akurat, perusahaan akan memperoleh hasil yang maksimal pula. Namun, menemukan cukup banyak orang dengan keterampilan dan bakat yang tepat adalah salah satu tantangan operasional utama untuk sebuah bisnis. Menanggapi rintangan ini, bisnis perlu lebih banyak berinvestasi dalam pertumbuhan pribadi tenaga kerja yang sudah dimiliki.

Karyawan yang puas bekerja akan lebih loyal di perusahaan Anda, tetapi bagaimana pemilik bisnis dapat mendorong kepuasan karyawan dan meningkatkan skill mereka?

Membiasakan komunikasi internal yang transparan adalah salah satu metode yang terbukti efektif untuk merekrut dan mempertahankan karyawan, khususnya karyawan milenial. Karyawan milenial ini akan bekerja dengan baik jika mereka bisa menyampaikan opininya baik melalui forum diskusi maupun survei, mendapatkan kejelasan tentang kinerja yang diharapkan dari mereka, dan mengetahui bahwa pekerjaannya memiliki tujuan yang bermakna.

Komunikasi yang terbangun dengan baik dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan Anda, seperti meningkatkan semangat kerja, mempercepat proses penyelesaian pekerjaan, serta mendorong karyawan untuk berkolaborasi. Jika karyawan dapat bekerja sama dengan baik, akan muncul banyak ide-ide inovasi yang cemerlang dan eksekusi yang efektif. Dengan demikian, perusahaan Anda akan menjadi semakin kompetitif dibandingkan dengan perusahaan kompetitor.

Bekerja dengan Teknologi

Bekerja dengan teknologi artinya meninggalkan hal-hal yang bersifat manual. Teknologi akan memungkinkan Anda mengawasi jalannya operasional perusahaan secara lebih luas, menyeluruh, dan dalam waktu yang lebih singkat. Jika terdapat mengenai temuan isu di salah satu cabang, Anda dapat langsung mengetahui masalah tersebut melalui telepon genggam atau laptop Anda. Informasi tersebut juga dapat langsung dikirimkan ke departemen-departemen terkait. Anda tidak perlu menunggu berhari-hari untuk menerima laporan dan bertukar pesan dengan tim yang ada di lapangan. Masalah akan lebih cepat diselesaikan.

Dengan mendedikasikan teknologi untuk tugas-tugas bisnis tertentu, karyawan Anda akan lebih berfokus untuk berpikir mengembangkan produk dan pelayanan perusahaan. Misalnya, daripada menugaskan seorang karyawan untuk mengompilasi seluruh data audit operasional dari seluruh outlet menggunakan Excel, lebih baik Anda menggunakan software audit operasional yang dapat membantu Anda mengompilasi data tersebut secara otomatis. Sistem entri data digital ini juga akan mengurangi tingkat kesalahan penginputan data. Tentu saja, sistem entri data digital ini juga akan memangkas biaya cetak, pembelian kertas, pemeliharaan dokumen, dan pengadaan ruang penyimpanan.

Sumber foto: Freepik

Pengukuran Kinerja yang Didukung Data dan Analisis Karyawan

Data kinerja yang solid akan memberikan perusahaan pandangan tentang apa yang terjadi di setiap cabang perusahaan dan apa tindak lanjut yang harus dilakukan untuk mempertahankan atau meningkatkan performa perusahaan.

Namun, 79% eksekutif bisnis sampai hari ini mengakui tidak memiliki alat yang tepat untuk menganalisis dan menindaklanjuti data ini. Seperti pada poin sebelumnya, solusi digitalisasi adalah jawaban yang tepat untuk mendapatkan pengukuran kinerja yang komprehensif. Sistem audit digital yang komprehensif memiliki fitur untuk mengolah dan mem-visualisasikan data yang dikumpulkan dari audit-audit lapangan yang telah dikerjakan. Data tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk melihat tren yang terjadi dalam perusahaan, demi pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Aksesibilitas yang ditawarkan oleh sistem digital juga memudahkan Anda memantau kinerja cabang dan karyawan Anda di mana pun dan kapan pun.

Hindari Penggunaan Aplikasi Chat Personal untuk Urusan Pekerjaan

Tim operasional perusahaan tentu dituntut untuk menyelesaikan masalah operasional dengan cepat, tetapi tetap akurat. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah dengan cepat adalah dengan berkomunikasi melalui aplikasi pesan instan. Namun, ada beberapa kekurangan dari aplikasi pesan instan personal yang dapat memengaruhi keakuratan penyelesaian masalah.

Karena formatnya yang dibangun dengan tujuan obrolan personal, diskusi, pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sangat sulit dilakukan di aplikasi pesan personal. Percakapan bisa dengan mudah terpotong oleh pesan orang lain. Obrolan profesional juga dapat dengan mudah tercampur dengan obrolan personal. Belum lagi waktu yang Anda habiskan untuk memasukkan kontak karyawan Anda satu per satu ke dalam grup dan menghapus karyawan yang mengundurkan diri.

Isu besar lainnya adalah tidak terjaminnya kerahasiaan pesan. Jika karyawan mengubah nomornya dan lupa mengganti nomornya di pengaturan aplikasi tersebut, nomor lama orang tersebut akan tetap menerima semua pesan dari grup perusahaan Anda. Itulah mengapa perusahaan Anda perlu mempertimbangkan aplikasi yang dibuat khusus untuk melakukan follow up urusan profesional.

Beberapa hal tersebut adalah aspek dalam manajemen operasi yang diperkirakan akan terus menjadi tren di tahun 2020. Jika perusahaan Anda mengaplikasikan hal tersebut, maka tentu perusahaan Anda dapat mengejar tren serta meninggalkan pesaing-pesaing bisnis Anda.

Anda sedang mencari sistem operasional berbasis teknologi yang dapat membantu Anda mengaplikasikan tips-tips di atas? Nimbly adalah solusinya.

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Read this article in your native language!

Related Articles

September 17, 2019
Otomatisasi 4 Pekerjaan Ini Agar Lebih Produktif
Sadarkah Anda? Selama ini, perusahaan seringkali menghabiskan waktu dan biaya yang besar hanya untuk menjalankan pekerjaan manual. Lebih dari 40 persen karyawan mengatakan bahwa mereka […]
September 6, 2021
5 Important Things for a Good Inspection and Test Plan (ITP)
Inspection and Test Plan is one tool that ensures that the quality of the product is on standards and requirements, here are 5 important things for your ITP
December 17, 2019
Strategi Menghadapi Karyawan Libur Akhir Tahun di Kantor
Menjelang akhir tahun, banyak karyawan yang memilih mengambil cuti untuk berlibur. Di satu sisi, hal ini baik untuk perusahaan karena karyawan yang baru selesai berlibur […]
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy