5 Manfaat Mengapa Mystery Shopping Penting Dilakukan

February 4, 2020

Mengevaluasi kinerja karyawan dan operasional bisnis akan lebih optimal jika Anda menggunakan evaluasi mystery shopping. Evaluasi ini merupakan evaluasi dengan menggunakan jasa mystery shopper atau individu yang berperan sebagai konsumen yang ditugaskan untuk melakukan pembelian barang atau jasa. Identitas mystery shopper tidak diketahui oleh karyawan Anda yang sedang bertugas, sehingga data evaluasi yang mereka hasilkan akan lebih akurat. Tidak hanya itu, berikut manfaat lain dari mystery shopping yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Mendapatkan hasil evaluasi yang objektif

Meskipun Anda telah menetapkan SOP untuk karyawan, belum tentu SOP tersebut dijalankan dengan baik oleh mereka. Hasilnya, kepuasan konsumen bisa menurun. Tentunya Anda tidak bisa melakukan pengawasan setiap hari di seluruh jam operasional bisnis Anda. Untuk memastikan apa  karyawan Anda telah menjalankan  SOP yang ada, Anda bisa mengevaluasinya dengan menggunakan mystery shopper.

Hasil evaluasi yang dilakukan oleh mystery shopper adalah hasil yang nyata jika dibandingkan dengan Anda sendiri yang terjun untuk mengevaluasi. Pada umumnya, karyawan akan memberikan kinerja ekstra ketika diawasi langsung oleh atasan. Berbeda ketika mystery shopper yang mengevaluasi dengan identitasnya yang tidak diketahui. Performa yang diberikan karyawan merupakan performa keseharian yang didapatkan oleh konsumen. Anda juga bisa menggunakan jasa mystery shopper untuk mengetahui apakah customer service dan prosedur komplain bisnis Anda telah berjalan dengan baik di berbagai skenario yang bisa dialami oleh konsumen

Memperoleh sudut pandang profesional

Hasil evaluasi yang Anda dapatkan dari mystery shopper bukan merupakan hasil observasi individu semata. Mystery shopper sudah dibekali dengan pengetahuan tentang perilaku berbelanja konsumen sesuai kategori demografisnya masing-masing,sehingga mereka memahami bagaimana bisnis seharusnya agar bisa lebih baik dari sisi konsumen. Selain itu, mystery shopper juga merupakan pihak ketika yang netral sehingga bisa memberikan data akurat yang tidak memiliki keberpihakan.

Baca juga: Evaluasi 4 Hal Ini untuk Meningkatkan Bisnis Ritel Anda

Memungkinkan evaluasi kompetitor

Mystery shopper tidak hanya dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja bisnis sendiri, tapi juga kinerja kompetitor. Ketika mystery shopper digunakan untuk melihat bagaimana pelayanan bisnis kompetitor, Anda bisa mendapatkan berbagai data yang tentu nantinya bisa sangat bermanfaat untuk  meningkatkan performa bisnis Anda agar lebih unggul dari kompetitor.

Memungkinkan evaluasi produk baru secara objektif

Seiring dengan pertumbuhan bisnis, ada kalanya produk atau  prosedur baru dikenalkan untuk  meningkatkan bisnis ke jenjang berikutnya. Meskipun produk atau prosedur baru tersebut terlihat menjanjikan, belum tentu Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan ketika dieksekusi di lapangan. Mystery shopper dapat memberikan Anda insight nyata mengenai produk atau prosedur baru tersebut.

Menemukan karyawan atau lokasi yang berprestasi

Mystery shopper tidak hanya mendeteksi apa yang perlu ditingkatkan dari operasional bisnis ritel, tetapi juga mengenali layanan apa yang telah dilakukan dengan baik. Di tengah hiruk-pikuk operasional perusahaan yang membuat layanan pelanggan yang cepat dan efektif sulit dicapai, perusahaan perlu memberikan apresiasi bagi karyawan atau lokasi yang berhasil memberikan layanan pelanggan yang cepat dan efektif. Penghargaan ini dapat memotivasi karyawan di lokasi lainnya untuk memberikan layanan pelanggan yang baik setiap harinya.

Dengan data evaluasi yang akurat dari mystery shopping, Anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan bisnis Anda agar menjadi lebih baik lagi. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan teknik evaluasi ini? Untuk membuat Teknik evaluasi mystery shopping lebih akurat dan seamless, perusahaan membutuhkan platform inspeksi digital seperti Nimbly. Dengan Nimbly, mystery shopper dapat mengakses kuesioner inspeksi melalui ponsel dan mengirimkannya langsung ke kantor pusat.

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Read this article in your native language!

Related Articles

October 14, 2020
Automize these 4 tasks to boost employee productivity [Infographic]
Did you know? More than 40% of employees spend at least a quarter of their workweek doing manual tasks. And, 59% of employees said they […]
May 19, 2020
Tips Mempermudah KPI Monitoring Selama Work From Home
Seluruh dunia sedang mengalami dampak dari penyebaran pandemi yang belum mereda. Sektor ekonomi juga sangat terpengaruh dengan kondisi ini dikarenakan aktivitas industri dan bisnis hampir […]
September 6, 2021
5 Important Things for a Good Inspection and Test Plan (ITP)
Inspection and Test Plan is one tool that ensures that the quality of the product is on standards and requirements, here are 5 important things for your ITP
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy