5 Tips Memberlakukan Sistem Kerja dari Rumah atau Work from Home

April 30, 2020

Tidak semua bisnis atau operasional kerja perusahaan terbiasa dengan sistem work from home yang sekarang sedang marak diterapkan demi memastikan program physical distancing berjalan dengan lancar. Terdapat beberapa tips yang bisa jadi perhatian Anda dalam memberlakukan work from home. Tips-tips di bawah ini akan membantu Anda untuk memberlakukan sistem yang nyaman bagi pekerja serta tetap produktif bagi operasional perusahaan atau bisnis.

Ekspektasi kerja dari rumah

Beritahu dengan persis kepada pekerja atau karyawan Anda tentang konteks dan konsep work from home, yakni memastikan karyawan bekerja dari rumah dan menghindari keramaian. Bukan berarti mereka diperbolehkan untuk bekerja dari café atau coworking space. Beritahu bahwa sejatinya pekerjaan tetap berjalan seperti biasa, perbedaan hanya pada lokasi kerjanya. 

Ini berarti Anda harus menetapkan jam kerja yang berlaku seperti apa, termasuk sistem pemeriksaan operasional kerja yang akan diberlakukan. Tentukan juga cara berkomunikasi yang akan dilakukan selama bekerja serta sistem laporan kerja yang harus diselesaikan dengan cara tertentu. Ekspektasi kualitas kerja yang diharapkan harus benar-benar jelas. Selain itu, karena pekerjaan akan dilakukan dari rumah dan bukan dari kantor, beritahu juga besaran serta cakupan pengeluaran kerja yang akan ditanggung oleh perusahaan.

Baca juga: Produktif Selama Pandemi, Ini Program yang Dapat Dilakukan

Sistem berkomunikasi efektif

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penerapan sistem komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan saat kerja dilakukan dalam jarak jauh. Di sini Anda bisa memperjelas jalur komunikasi agar proses diskusi, pertanyaan, persetujuan, atau pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan efektif pula. Untuk mendukung sistem ini, tentukan juga perangkat komunikasi yang akan digunakan, termasuk aplikasi apa saja yang akan dijadikan sebagai alat komunikasi, baik secara teks, panggilan biasa, atau video conference.

Untuk memastikan setiap karyawan siap bekerja sesuai dengan SOP work from home yang ditentukan, Anda dapat melakukan video conference sebelum dan sesudah jam kerja. Tidak perlu lama, luangkan lima hingga sepuluh menit saja per harinya untuk memastikan kondisi tim dan karyawan Anda tetap produktif.

Jaga keamanan data dan perangkat

Saat bekerja di kantor, perihal perangkat kerja serta keamanan data selama bekerja dijamin oleh perusahaan dengan sambungan internet aman yang terhubung selama karyawan bekerja. Sayangnya, hal ini hampir tidak mungkin dilakukan jika menerapkan sistem work from home. Untuk itu, pastikan sistem work from home yang dibuat juga memuat perihal poin penting ini. Setiap karyawan wajib menjaga keamanan data serta perangkat.

Metode preventif lainnya yang dapat dilakukan oleh pihak perusahaan adalah dengan menyediakan tenaga IT untuk mendukung operasional kerja sehari-hari. Fungsinya adalah jika terjadi isu terkait keamanan data serta perangkat, tenaga kerja IT dapat membantu karyawan yang mengalami permasalahan secara virtual. IT Support ini akan membuat karyawan lebih nyaman bekerja karena adanya proteksi tambahan.

Baca juga: Tutup Sementara, Ini Tips Agar Bisnis Tetap Aman

Sediakan layanan konseling virtual

Bekerja di kantor dengan sistem tatap muka akan memungkinkan Anda untuk bertemu dengan siapa pun dan berkonsultasi soal masalah pekerjaan dengan efektif. Apalagi, dengan kondisi seperti ini yang mengakibatkan kebutuhan konsultasi dengan konselor pekerjaan bisa lebih tinggi karena potensi kendala dan hambatan juga sama meningkatnya.

Untuk itu, sediakan layanan konseling pekerjaan secara virtual. Tujuannya untuk membantu masalah-masalah kerja yang dialami oleh karyawan, sehingga operasional perusahaan bisa terus berjalan dan tetap optimal hasilnya sebagaimana kerja dilakukan dari kantor. Beritahu para karyawan bahwa pihak perusahaan siap untuk menyediakan layanan ini.

Lakukan evaluasi kerja berkala

Evaluasi kerja pasti dilakukan dengan ada atau tidak adanya work from home. Hanya saja untuk kali ini, evaluasi berkala yang perlu diberlakukan harus dilaksanakan lebih sering. Tujuannya jelas, yakni untuk memantau efektivitas kerja dan mendeteksi hambatan selama work from home. Langkah ini berguna untuk menemukan solusi dengan lebih cepat sebelum masalah semakin bertambah.

Evaluasi ini dapat diterapkan dalam dua sisi. Mulai dari evaluasi dari karyawan terhadap manajemen terkait pemberlakuan sistem hingga evaluasi dari manajamen terhadap karyawan terkait kualitas kerja. Untuk mempermudah keduanya dalam proses memeriksa daftar pekerjaan sehari-harinya selama sistem work from home dilakukan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Nimbly. Dengan sistem checklist yang mudah diubah sesuai kebutuhan, daftar tugas harian dapat dimuat di Nimbly dan dapat dicek jika sudah selesai dikerjakan. Sistem laporan dan input datanya juga terekam sehingga mudah diperiksa dan dibaca hasilnya.

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Table of Contents

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture - Nimbly Agriculture HVCO -

Read this article in your native language!

Related Articles

February 19, 2021
How Workload Analysis Increases Your Team Productivity
Workload analysis is important to reduce the backlog, reduce work-related stress, and improve your team’s performance.
October 14, 2020
Automize these 4 tasks to boost employee productivity [Infographic]
Did you know? More than 40% of employees spend at least a quarter of their workweek doing manual tasks. And, 59% of employees said they […]
December 28, 2020
Help Employees Manage Holiday in the Midst of Pandemic [Infographic]
This year's holiday season is way different from usual, and it might be hard for some of your employees. Here are some ways to help your employees manage holiday in the midst of pandemic.
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy