Facility Management

Tips Perawatan Fasilitas dan Gedung Komersial

Menjaga agar fasilitas dan gedung komersial tetap terawat dan terjaga adalah hal yang penting. Oleh karena itu, sebagai pemilik fasilitas dan gedung komersial, Anda harus melakukan perawatan agar terjamin kelayakannya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menawarkan fasilitas dan gedung komersial tersebut dengan harga yang tinggi jika infrastruktur yang tersedia terjaga kualitasnya dengan adanya perawatan.

Agar Anda bisa mencapai tujuan tersebut, Anda perlu menyiapkan sebuah manajemen fasilitas dan gedung komersial. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Simaklah ulasannya di bawah ini!

Apa pentingnya manajemen perawatan fasilitas dan gedung komersial?

Saat berhubungan dengan kepemilikan fasilitas serta gedung komersial, Anda harus memerhatikan dua hal penting. Dua hal tersebut adalah perawatan fasilitas serta laba yang Anda akan dapatkan dari berinvestasi pada fasilitas dan gedung komersial. Mempertahankan kualitas mampu memberi nilai jual lebih pada gedung tersebut. Sebaliknya, semakin buruk penanganannya, semakin berkurang juga nilai jual dari fasilitas serta gedung komersial yang Anda miliki.

Dengan memberlakukan sistem manajemen perawatan pada fasilitas dan gedung komersial yang Anda miliki, Anda bisa mengurangi risiko kerugian. Risiko-risiko tersebut meliputi dana berjumlah besar yang harus Anda keluarkan jika ada kerusakan, kebakaran, kebanjiran hingga rusaknya fasilitas dan gedung komersial secara total. Oleh karena itu, pengaturan manajemen perawatan fasilitas serta gedung komersial sangat penting untuk dilakukan.

Tips dalam memeriksa dan merawat fasilitas dan gedung komersial

Sebelum Anda memberlakukan sistem manajemen perawatan fasilitas gedung dan komersial, Anda harus menentukan bagian apa saja yang perlu diperiksa serta diberikan perawatan. Berikut ini adalah beberapa aspek yang perlu Anda pantau.

  • Mengaudit pemakaian energi

Dengan melakukan audit pada bidang pemakaian energi, Anda bisa menentukan dana apa saja yang harus Anda keluarkan. Ketika melakukan audit, Anda harus bisa meninjau bangunan dan menentukan aspek-aspek apa saja yang bisa Anda tekan biayanya. Dalam hal ini, Anda harus melakukan audit setiap bulannya agar tetap terpantau secara berkala.

Dalam pemakaian energi, Anda bisa menentukan biaya apa yang bisa dihemat. Ada beberapa hal yang dapat membantu Anda menghemat energi, seperti mengganti lampu bohlam dengan lampu LED atau CFL. Kedua jenis lampu tersebut bertahan dua kali lipat lebih lama dari lampu bohlam dan jenis lampu ini juga mengonsumsi energi lebih sedikit. Anda juga dapat menggunakan sistem lampu otomatis, sehingga lampu akan mati ketika tidak ada orang di dalam ruangan. Selain itu, perbaiki isolasi di sekitar pintu, jendela, dan langit-langit untuk meringankan kerja HVAC. Celah kecil di sepanjang tepi jendela atau pintu dapat menguras banyak energi karena sistem HVAC Anda akan bekerja lebih keras ketika ada udara yang lolos dari celah-celah tersebut. Pertimbangkan juga untuk memasang jendela yang dibuat khusus untuk konservasi energi.

  • Memperbaiki perlengkapan yang rusak serta memeriksa aliran listrik dan alarm

Jika Anda tidak memperbaiki perlengkapan yang rusak dalam waktu lama, hal ini bisa menimbulkan kecelakaan pada fasilitas serta gedung komersial Anda. Periksa apakah ada korsleting aliran listrik dan apakah alarm yang Anda miliki bekerja dengan baik. Pasalnya, alarm-alarm tersebut adalah alat yang penting untuk mengetahui jika bangunan tersebut sedang dalam keadaan yang berbahaya.

Anda juga harus melakukan audit untuk keperluan keamanan setiap bulan. Hal ini sangat penting untuk menjamin bahwa dalam melakukan perawatan pada fasilitas dan gedung komersial yang Anda miliki, tidak ada korban yang berjatuhan. Anda perlu memikirkan tentang sistem alarm darurat, pendeteksi api, serta pintu darurat. Pastikan bahwa Anda melakukan audit bulanan dan melakukan pelatihan karyawan secara rutin dalam bidang keamanan untuk memastikan bahwa Anda siap menghadapi bencana yang tidak diinginkan.

Jika Anda berada di area dengan risiko banjir tinggi, pertimbangkan untuk memindahkan seluruh peralatan listrik Anda ke lantai atas. Proses ini mungkin memerlukan waktu dan investasi biaya yang cukup besar, namun kerugian yang ditimbulkan ketika banjir datang akan jauh lebih besar dari investasi tersebut. Operasional Gedung Anda dapat terhenti total untuk waktu yang lama akibat kerusakan yang ditimbulkan banjir.

  • Mengurangi risiko kerusakan bangunan serta hama

Bagian penting yang perlu Anda periksa dan rawat adalah risiko kerusakan bangunan serta hama. Kerusakan bangunan bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena kebakaran, banjir, angin kencang, hingga struktur bangunan yang memang tidak sekuat dulu lagi. Untuk hal tersebut, akan sangat penting jika Anda melakukan pemeriksaan dan memberikan langkah penanggulangan sebagai langkah preventif dan solusi untuk memperbaiki gedung.

Peralatan yang rusak seperti lampu pecah, jendela rusak, hingga pintu yang tak berfungsi sebagaimana semestinya juga membuat bangunan Anda terlihat tidak terawat. Jadi, Anda harus memastikan bahwa perlengkapan yang ada harus Anda perbaiki sesegera mungkin.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa potensi adanya hama yang sangat mengganggu. Adanya hama seperti tikus dan rayap yang bisa merusak bangunan Anda. Tidak hanya itu, adanya hama-hama tersebut juga membuat orang yang bekerja di dalamnya juga tidak nyaman sehingga Anda akan mengalami kerugian. Lakukan audit hama setidaknya setahun sekali dengan menggunakan jasa profesional. Pemeliharaan fasilitas yang baik adalah kunci untuk membuat hama berada jauh dari Gedung Anda.

Dalam mewujudkan semua tips di atas, Anda bisa menggunakan sebuah software yang mampu membantu Anda melakukan audit fasilitas dengan baik. Dilengkapi dengan fitur kuesioner digital, issue tracker, dan manajemen inventaris, Nimbly hadir untuk memudahkan Anda dalam mengatasi tantangan dalam mengelola berbagai bangunan dan fasilitas. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Nimbly? Hubungi tim kami di sini.

Pastikan Anda telah melakukan semuanya sesuai dengan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Tantangan dalam Manajemen Fasilitas

Related Articles

Facility Management

3 Tips Mengatasi Tantangan dalam Manajemen Fasilitas

Melakukan manajemen fasilitas dengan baik kerap menjadi salah satu tantangan yang sulit untuk dipecahkan. Untuk itu, seperti halnya manajer keuangan ...



General

Alasan Memilih SaaS untuk Manajemen Operasional

“Software seperti ini bisa dibuat secara in-house, mengapa kita harus membayar mahal-mahal untuk hal sepele seperti ini?” “Software mereka tidak m...



General

Cara Meningkatkan Kinerja Audit Operasional Perusahaan

Audit operasional adalah kegiatan mengkaji prosedur dan metode operasi dari sebuah perusahaan untuk menilai efisiensi dan efektivitas operasi perusah...



whatsapp-icon