General

4 Tips Bagi Anda yang Mengelola Beberapa Lokasi Bisnis Sekaligus

Memiliki bisnis di banyak lokasi sekaligus bukanlah hal yang mudah. Setiap lokasi tentunya membutuhkan perhatian agar dapat beroperasi dengan baik. Kesalahan di salah satu cabang saja dapat mempengaruhi penjualan di seluruh lokasi dan berpotensi merusak nama perusahaan. Namun, Anda juga tidak mungkin seorang diri mengunjungi seluruh lokasi setiap hari untuk memastikan setiap tim di masing-masing lokasi bekerja dengan baik dan menanyakan apakah ada masalah yang terjadi selama Anda tidak berada di lokasi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah tips bagi Anda yang mengelola banyak unit bisnis yang tersebar di berbagai lokasi.

1. Pastikan Pelanggan Mendapatkan Pengalaman yang Konsisten dengan Menerapkan SOP

Saat Anda memiliki beberapa lokasi bisnis sekaligus, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan pengalaman berbelanja yang dirasakan pelanggan saat mengunjungi satu outlet harus sama dengan pengalaman berbelanja yang dirasakan saat mereka mengunjungi outlet bisnis Anda di lokasi berbeda. Dengan memberikan pelayanan yang konsisten di seluruh lokasi setiap saat, Anda sudah melaksanakan strategi kunci dalam mempertahankan pelanggan untuk jangka waktu yang panjang. 

Pelanggan Anda akan terus kembali menggunakan produk Anda dan berbelanja di toko Anda karena mereka mengetahui secara pasti produk dan pelayanan yang akan diterima selalu memiliki kualitas yang tinggi. Karena sudah merasa nyaman dengan perusahaan Anda, mereka akan berpikir dua kali jika ingin berpindah hati ke kompetitor Anda. Bahkan, setelah kepercayaan tersebut terbangun, pelanggan-pelanggan loyal ini sering kali akan mengajak orang lain untuk berbelanja di toko Anda. Dampaknya sangat besar bukan?

Lalu, bagaimana cara mewujudkan konsistensi tersebut dalam bisnis Anda? Mulai dengan membuat dan menerapkan Standard Operating Procedures (SOP) di seluruh lokasi. Mulai dari prosedur dalam mempersiapkan opening hingga prosedur menangani keluhan konsumen, pastikan setiap karyawan bekerja sesuai dengan proses yang sudah diformulasi dan dikoordinasikan dengan baik oleh perusahaan. Selain meningkatkan konsistensi, SOP juga meningkatkan produktivitas dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan.

Baca juga: Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat SOP Perusahaan?

2. Efisiensi Pengawasan dengan Mendelegasikan Tugas kepada Manajer di Masing-Masing Lokasi

Ketika lokasi bisnis Anda bertambah menjadi dua atau tiga, Anda mungkin masih bisa mengunjungi seluruh lokasi setiap minggunya untuk memantau apakah masing-masing lokasi beroperasi dengan baik. Bagaimana jika bisnis Anda berkembang menjadi 10, bahkan 100 outlet? Anda tentunya tidak lagi memiliki waktu untuk mengunjungi seluruh lokasi. Lagipula, biaya dan tenaga yang dihabiskan untuk mengunjungi seluruh lokasi tentunya sangat besar. 

Di situasi seperti ini, Anda harus mengawasi bisnis Anda dalam gambaran besar dan menyerahkan detail operasional sehari-hari kepada manajer Anda. Tuliskan dengan rinci apa saja tugas yang harus mereka laksanakan sebagai manajer dan beritahu apa saja yang akan ditinjau dari performa mereka. Buat SOP perusahaan untuk memastikan semua manajer Anda berada di halaman yang sama. Tekankan pada setiap manajer bahwa mereka bertanggung jawab atas performa lokasi dan tim yang mereka kelola, sehingga mereka akan bekerja secara proaktif dalam mengelola outlet dan timnya masing-masing.

3. Pastikan SOP Sudah Diterapkan dengan Benar Melalui Ceklis atau Audit Operasional

Selain membuat SOP, Anda juga perlu meminta manajer Anda untuk mengevaluasi: Apakah staf Anda sudah mengimplementasikan setiap langkah dari SOP yang telah Anda buat dengan benar? Buat ceklis pemeriksaan operasional dan minta masing-masing manajer untuk melakukan pemeriksaan setiap hari. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan aplikasi ceklis digital yang memungkinkan tim Anda untuk mencantumkan foto keadaan outlet Anda serta memungkinkan Anda untuk segera melihat hasil pemeriksaan melalui komputer Anda. Ketahui secara instan jika terdapat penurunan penjualan atau jika terdapat masalah yang terjadi di lapangan.

Baca juga: Tips Membuat Kuesioner Audit Operasional Agar Hasil Audit Lebih Akurat

Anda juga dapat melakukan kunjungan ke lokasi setiap beberapa saat untuk menguji validitas hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh masing-masing manajer. Anda juga dapat menggunakan aplikasi manajemen operasional yang memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa tim Anda benar-benar mengerjakan pemeriksaan di lokasi yang benar, bukan dari rumah atau dari kedai kopi di dekat outlet bisnis Anda. 

4. Percepat Waktu Penyelesaian Masalah yang Ditemukan dengan Metode Komunikasi yang Efektif

Permasalahan yang paling sering muncul saat Anda memiliki banyak cabang sekaligus adalah komunikasi. Karena Anda tidak dapat mengunjungi masing-masing lokasi, Anda perlu membuat metode komunikasi yang efisien untuk menggantikan komunikasi secara langsung yang biasanya bisa Anda lakukan dengan melakukan kunjungan langsung.

Katakanlah Anda memiliki 10 cabang kedai kopi di area Jakarta. Sesaat sebelum jam operasional, tim Anda di salah satu cabang menemukan bahwa mesin kopi di outlet tersebut rusak. Akibatnya, kedai kopi tersebut tidak dapat melayani pesanan menu kopi. Untuk membetulkan mesin kopi tersebut, manajer di restoran tersebut harus menunggu Anda datang ke lokasi untuk melaporkan keadaan, lalu Anda harus menghubungi kepala tim fasilitas yang kemudian menugaskan salah satu stafnya untuk memeriksa keadaan mesin tersebut, dan jika mesin tidak bisa direparasi, kepala fasilitas harus menghubungi kepala pengadaan untuk membeli mesin baru dengan persetujuan tim finansial. Jika proses tersebut memakan waktu 7 hari, dalam 7 hari tersebut juga Anda tidak mendapatkan pemasukan dari menu kopi. 

Tanpa metode komunikasi yang dirancang dengan baik, akan timbul banyak bottleneck informasi yang berpotensi menurunkan performa perusahaan. Untungnya, saat ini sudah ada software seperti Nimbly yang dirancang khusus untuk manajemen operasional. Dengan menggunakan salah satu fitur unggulan Nimbly, yaitu Issue Tracker, Anda dapat langsung menerima notifikasi di handphone Anda jika masalah seperti di atas ditemukan di salah satu outlet Anda. Anda dapat menugaskan penyelesaian masalah, memberikan tenggat waktu, dan melihat progres penyelesaian masalah hanya dalam satu layar handphone Anda. Karena distribusi pesan menjadi lebih cepat dan tepat sasaran, masalah menjadi lebih cepat terselesaikan, dan outlet Anda dapat beroperasi seperti semula sesegera mungkin.

Demikian 4 tips bagi Anda yang mengelola beberapa lokasi bisnis sekaligus. Apakah perusahaan Anda sudah menerapkan satu dari empat tips di atas? Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi manajemen operasional dan ingin berkonsultasi dengan tim kami tentang bagaimana cara mengintegrasikannya dalam operasional bisnis Anda, klik gambar di bawah ini.

Semoga membantu!

Baca juga: 3 Tips Agar Masalah Operasional Perusahaan Cepat Selesai

Related Articles

Food & Beverage

Tips Mengelola Bisnis Food and Beverage di Banyak Lokasi

Sektor Food & Beverage di Indonesia terus berkembang pesat. Berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), jumlah usaha kuliner di Indonesia me...



General

3 Solusi untuk Mengatur Bisnis di Banyak Lokasi

Ukuran seberapa besar dan majunya sebuah perusahaan dapat dilihat salah satunya dari penambahan jumlah lokasi bisnis yang dimiliki. Ini bukanlah hal ...



Food & Beverage

Maksimalkan Online Review dan Rating pada Bisnis Restoran Anda

Pemanfaatan media online sangat memengaruhi kinerja dan performa bisnis restoran. Saat ini, ada banyak media online yang mengumpulkan review dan rati...



whatsapp-icon