General

Cara Menjadi Manajer Operasional Masa Kini

Manajer operasional berkontribusi secara langsung terhadap kesuksesan operasional sebuah bisnis. Meskipun posisi ini dituntut untuk dapat menyelesaikan beberapa tugas sekaligus, seorang manajer operasional pada dasarnya mempunyai satu tanggung jawab yang harus dipenuhi, yakni kepuasan konsumen. Agar tanggung jawab tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, seorang manajer operasional pun harus menempuh beberapa cara yang tepat. Berikut cara yang dapat Anda tempuh jika ingin menjadi seorang manajer operasional masa kini yang baik.

Pahami kebutuhan konsumen

Seorang manajer operasional harus dapat memastikan bahwa kepuasan konsumen telah terpenuhi dari pelayanan hingga produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, seorang manajer operasional harus memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan memahami apa yang mereka butuhkan, secara otomatis manajer operasional juga pasti akan tahu apa yang bisa menjamin kepuasan mereka.

Untuk memahami kebutuhan konsumen, seorang manajer operasional harus mengenal konsumen lebih baik. Mengenal dalam  hal ini meliputi rentang umur, gender, preferensi produk, preferensi layanan, dan sebagainya. Dengan demikian, penting bagi manajer operasional untuk mengenal target konsumen bisnis yang dipimpinnya sebelum menerima tanggung jawab untuk memastikan kepuasan konsumen agar terpenuhi.

Salah satu contoh yang menarik dilakukan oleh sebuah perusahaan ritel di Amerika Serikat, Target, dimana para pelanggannya memiliki Guest ID yang merekam histori belanja mereka di cabang Target yang tersebar di seluruh Amerika. Aktivitas belanja hingga melakukan survey pelanggan dengan Guest ID tersebut kemudian dikonversi menjadi data untuk mempermudah Target melakukan inovasi. Seperti menawarkan promo khusus untuk target pelanggan tertentu berdasarkan habit belanja yang terbaca dari data tersebut.

Gunakan data untuk mengidentifikasi masalah

Mengingat customer experience adalah poros bisnis yang utama dalam memastikan bisnis terus bertahan dalam gempuran perubahan pasar di era digital, elemen ini dapat dikonversi menjadi sebuah basis data yang kemudian dapat digunakan sebagai referensi untuk mengidentifikasi penyebab masalah. Seorang manajer tidak dapat menyelesaikan masalah hanya dengan menebak atau berasumsi atas penyebab dari masalah tersebut. Perlu data rigid untuk mendukung manajer menganalisis dengan tepat demi menemukan solusi yang paling cocok.

Dengan melakukan inspeksi operasional di setiap outlet secara rutin, Anda mungkin dapat menemukan pola terjadinya masalah yang sama di beberapa outlet sekaligus. Misal, Anda menemukan beberapa outlet yang berada di Jakarta Barat penjualannya berada di bawah rata-rata. Setelah Anda menelusuri laporan inspeksi operasionalnya, Anda menemukan tim warehouse sering terlambat mengirimkan barang ke Jakarta Barat. Dengan begitu, Anda dapat memperbaiki masalah langsung ke akarnya.

Baca juga: 3 Tips Agar Masalah Operasional Perusahaan Cepat Selesai

Lakukan komunikasi secara efektif

Sebagai manajer operasional, Anda harus mampu berkomunikasi secara efektif. Hal ini karena  seorang manajer operasional bekerja dekat dengan berbagai posisi yang mengeksekusi secara langsung operasional bisnis di lapangan. Untuk memastikan bahwa semua posisi tersebut telah melakukan tugasnya dengan baik, manajer operasional dituntut untuk berkomunikasi dengan mereka secara berkala. Manfaatkan teknologi untuk memastikan seluruh eksekusi strategi dan aksi korektif di lapangan berjalan dengan baik dan diselesaikan tepat waktu.

Di samping komunikasi terkait operasional di lapangan, jangan ragu untuk menerapkan gaya komunikasi yang lebih terbuka dengan berfokus pada hal-hal yang bersifat profesional. Selain mengembangkan relasi kerja yang sehat, seorang manajer operasional juga dapat mendapatkan masukan serta informasi yang barangkali diperlukan untuk melakukan langkah-langkah progresif serta inovatif dalam pekerjaan. Membuat bekerja bersama tim jadi lebih menyenangkan namun tetap dalam batas-batas profesionalitas.

Investasi pada teknologi yang tepat

Invasi kemajuan digital jelas tidak mengecualikan industri bisnis, justru industri ini yang merasakan dampak paling besar dari kemajuan teknologi kini. Menjadi manajer operasional berarti melibatkan diri pada kemajuan serta perubahan yang terjadi di sekelilingnya. Sadar penuh bawa di era digital sekarang industri bisnis bergerak berdasarkan data tentang pelanggan dan pasar. Ini berarti langkah-langkah strategis seperti berinvestasi pada teknologi yang tepat perlu dilakukan oleh seorang manajer operasional.

Langkah ini barangkali terdengar mewah, namun ini salah satu bentuk investasi jangka panjang bagi bisnis untuk tetap relevan dengan kondisi pasar. Bagi manajer operasional yang menangani berbagai bidang pekerjaan dan berhubungan dengan banyak departemen sekaligus, teknologi akan sangat membantu. Sistem manajemen operasional digital yang komprehensif memiliki fitur untuk membantu tim operasional Anda mengumpulkan, mengolah, dan mem-visualisasikan data dari lapangan. Perusahaan tidak perlu lagi pusing dengan urusan menginput data, menanyakan progres pekerjaan, dan mengolah data secara manual.

Dengan berinvestasi pada teknologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan utama bisnis, seorang manajer operasional dapat menjamin kemajuan yang lebih progresif pula.

Jika Anda ingin menjadi manajer operasional masa kini dengan berbagai tuntutannya, pastikan Anda memperhatikan poin-poin di atas agar dapat memenuhi tanggung jawab untuk memenuhi kepuasan konsumen. Sekaligus mengoptimalkan relasi kerja bersama tim Anda. Keputusan serta langkah-langkah inovasi yang Anda ambil kiranya tidak berdasarkan asumsi, tetapi berdasarkan analisa menyeluruh terhadap data serta hasil dari interaksi efektif yang Anda lakukan selama bertanggungjawab sebagai seorang manajer operasional.

Related Articles

General

4 Tantangan yang Sering Dihadapi Manajer Operasional

Industri F&B, ritel, dan banyak perusahaan multi-unit lainnya kini mengalami pergeseran dinamika pasar yang begitu signifikan. Dimulai dengan mun...



Facility Management

3 Tips Mengatasi Tantangan dalam Manajemen Fasilitas

Melakukan manajemen fasilitas dengan baik kerap menjadi salah satu tantangan yang sulit untuk dipecahkan. Untuk itu, seperti halnya manajer keuangan ...



General

Pentingnya Audit Operasional bagi Perusahaan Anda

Jika Anda mendengar kata audit, hal apa yang terbayang di benak Anda? Sebagian besar orang mengaitkan audit dengan orang-orang menyerbu kantor, serta...



whatsapp-icon