General

Real-Time Data: Keunggulan Kompetitif Baru bagi Perusahaan

Anda mungkin sudah beberapa kali mendengar tentang data real-time sebelum membaca artikel ini. Di era di mana informasi adalah salah satu aset terpenting perusahaan dan waktu adalah salah satu aspek yang paling krusial dalam kompetisi, kemampuan memiliki data secara real-time saat ini tengah menjadi modal yang sangat kuat bagi perusahaan. 

Secara singkat, data real-time adalah data yang diteruskan dan langsung dapat dilihat oleh pengguna akhir segera setelah data diperoleh. Sudah ada banyak contoh riil dari data real-time di sekitar kita, seperti tampilnya garis merah di peta digital Anda saat terjadi kemacetan, bergeraknya gambar motor pengendara pada aplikasi layanan transportasi Anda, dan trending topic pada Google atau akun media sosial Anda. Memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengompilasi, dan menampilkan data yang telah diperoleh secara cepat merupakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan, baik dalam menganalisis pergerakan pasar, maupun dalam meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Sebenarnya apa saja keuntungan didatangkan oleh data real-time bagi perusahaan? Berikut adalah penjelasannya.

1. Menghemat Waktu Kerja dan Biaya Operasional

Bayangkan, ketika masih menggunakan pen dan kertas, masing-masing Manajer Outlet harus mencetak formulir dan ceklis yang digunakan untuk mengukur performa outlet. Kemudian, Manajer Area harus mengunjungi dan mengumpulkan laporan harian dari masing-masing lokasi bisnis setiap minggunya untuk mengetahui performa outlet tersebut dan mencari tahu apakah ada kendala yang dihadapi selama outlet tersebut beroperasi. 

Dibutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar untuk menyelesaikan proses di atas: jumlah tinta dan kertas yang dihabiskan untuk mencetak formulir, jarak tempuh yang dilalui untuk mengumpulkan laporan dari seluruh lokasi, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengompilasi seluruh data tersebut. Belum tentu data yang dikumpulkan tersebut akurat dan memperlihatkan business insight bagi Anda yang duduk di level Manajemen. 

Dengan adanya data real-time, Manajer Area tidak perlu lagi repot-repot mengunjungi seluruh lokasi untuk mengumpulkan dokumen. Staf Anda juga dapat mengerjakan hal-hal yang lebih strategis daripada memindahkan data dari kertas ke spreadsheet di komputer. Berdasarkan testimoni klien Nimbly, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional sebesar 59% dan menghemat uang transportasi bagi karyawan yang lembur sebesar 70% setelah menggunakan ceklis digital. Sangat efisien bukan?

Baca juga: Ceklis Digital untuk Anggaran Operasional yang Lebih Hemat

2. Memungkinkan Perusahaan Mengambil Keputusan berdasarkan Data Terkini

Manfaat paling nyata dari data real-time adalah Anda tidak perlu menunggu. Anda dapat segera mengetahui kondisi outlet saat itu juga meskipun Anda sedang berada di luar kota untuk melakukan perjalanan bisnis, atau di rumah seperti di masa pandemi seperti ini. Dengan adanya data real-time, waktu yang diperlukan untuk membuat keputusan dan menyelesaikan turun secara signifikan karena Anda tidak harus datang ke kantor sebelum mengambil keputusan.

Bandingkan dengan proses kompilasi data secara manual yang bisa memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dari kumpulan data tersebut. Ketika informasi tersebut sampai ke tangan Anda, keadaan di outlet mungkin sudah berubah 180 derajat, atau mungkin Anda sudah disalip oleh kompetitor. Karena itu, data real-time merupakan modal yang sangat penting bagi perusahaan untuk dapat mengungguli kompetisi pasar.

3. Mengurangi Waktu yang Dibutuhkan untuk Menanggapi Masalah

“Kesegeraan” yang ditawarkan oleh data real-time membantu perusahaan dalam mengurangi kemacetan informasi, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menanggapi masalah berkurang secara signifikan. 

Sebelum adanya aplikasi yang memungkinkan data real-time, tim di Restoran A harus mengisi log book jika menemukan kerusakan pada salah satu mata kompormereka. Untuk menyampaikan masalah tersebut, tim di restoran harus menunggu Manajer Area untuk datang dan memeriksa log book tersebut. Hingga pada saat Manajer Area mengunjungi restoran tersebut dan melaporkannya ke tim fasilitas, sudah berapa banyak makanan yang seharusnya bisa dimasak dan dijual menggunakan mata kompor yang rusak tersebut? Hal ini ternyata masih banyak terjadi di perusahaan yang masih menggunakan pen dan kertas, atau bahkan email dalam mengumpulkan data.

Jika perusahaan menggunakan aplikasi manajemen operasional dengan fitur data real-time seperti Nimbly, Manajer dapat langsung menerima notifikasi ketika kerusakan kompor tersebut ditemukan dan diinput oleh tim di lapangan. Kompor tersebut bisa dengan segera diperbaiki, penjualan bisa kembali seperti semula dalam waktu yang singkat, dan keamanan kerja tim di dapur juga terjamin.

Baca juga: 3 Tips Agar Masalah Operasional Perusahaan Cepat Selesai 

4. Meningkatkan Akurasi Data

Kesalahan penginputan data dapat membuat analisis perusahaan Anda tidak akurat yang berakibat pada pengambilan strategi bisnis yang keliru. Penggunaan data real-time mengurangi kemungkinan adanya kesalahan yang rentan terjadi saat data dikumpulkan dan dikompilasi secara manual. Dengan menggunakan aplikasi yang memiliki fitur data real-time, tim Anda tidak perlu lagi membuat laporan mingguan. Seluruh data dapat diakses melalui handphone atau laptop Anda sendiri segera setelah data diambil oleh tim Anda di lapangan.

Demikian 4 keunggulan kompetitif yang bisa perusahaan Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi dengan fitur data real-time. Untuk urusan manajemen operasional, Anda dapat mempercayakannya kepada Nimbly! Nimbly memungkinkan Anda untuk memantau hasil laporan audit operasional dan temuan masalah di lapangan secara real-time. Ingin mengetahui cara mengintegrasikan Nimbly ke dalam proses operasional bisnis Anda? Konsultasi gratis dengan tim kami.

Related Articles

General

Apa itu Operations Analysis? [Infographic]

Operations analytics atau analisis operasional adalah kategori analisis bisnis yang berfokus pada pengukuran operasional bisnis secara real-time. Kem...



General

Gunakan Data Analytics dan Tingkatkan 5 Proses Bisnis Berikut Ini

Minggu lalu kita telah membicarakan tentang keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang menggunakan real-time data. Kali ini, kita akan membahas tidak...



General

Cara Meningkatkan Kinerja Audit Operasional Perusahaan

Audit operasional adalah kegiatan mengkaji prosedur dan metode operasi dari sebuah perusahaan untuk menilai efisiensi dan efektivitas operasi perusah...



whatsapp-icon