Try Nimbly For FREE!

No cost, no commitment, and no credit card needed.

Try for Free
Nimbly Technologies logo png transparent
See how the Nimbly Platform simplifies operations in 5 Minutes

Book a Demo

Sudahkah Anda melakukan Audit Ritel?

October 14, 2019
2 mins reading

Table of Contents


Subscribe to Nimbly Digest

Tingkat kesuksesan bisnis ritel tidak hanya diukur dari seberapa besar omzet yang berputar dalam satu hari beroperasi. Audit ritel adalah parameter yang akurat dan objektif yang juga dapat membantu Anda mengetahui seberapa sehat bisnis ritel Anda dari sudut pandang yang lain.

Jika mendengar kata audit, biasanya orang akan berpikir tentang dokumen finansial dan pajak. Padahal ada banyak jenis audit lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa perusahaan salah satunya adalah audit operasional.

Audit ritel merupakan salah satu jenis audit operasional yang bertujuan untuk mengevaluasi kesehatan brand dari suatu produk yang ditawarkan di ritel.

Berikut beberapa hal yang secara umum merupakan indikator audit yang cocok untuk diterapkan dalam bisnis ritel:

  • Berapa besar penjualan yang berhasil dilakukan?
  • Berapa banyak stok barang, baik yang sudah dipajang di toko maupun di gudang?
  • Adakah stok barang yang rusak atau tidak memenuhi standar kelayakan untuk ditawarkan ke pelanggan? 
  • Seberapa baik Anda menata tampilan toko, dan apakah sudah menarik target pelanggan?
  • Apakah display barang sudah sesuai dengan perencanaan?
  • Bagaimana kompetitor menjalankan bisnisnya, inovasi apa yang baru-baru ini mereka lakukan, atau adakah perubahan harga yang ditetapkan?

Proses audit juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui stok suplai Anda, yang mencakup dari sisi jumlah, kualitas, dan evaluasi bagaimana usaha yang selama ini dilakukan kantor Anda untuk menarik semakin banyak klien atau pelanggan. Evaluasi ini sangat penting untuk melihat seberapa besar pelanggan Anda merasa puas dengan barang atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini dapat dijadikan indikator untuk mengukur loyalitas pelanggan. Sangat bermanfaat, kan?

Apabila komponen-komponen tersebut diaudit secara menyeluruh dengan jangka waktu yang berkala, maka Anda akan dapat melakukan pemetaan bisnis secara lebih baik. Mulai dari seberapa tepat strategi dalam menarik perhatian pelanggan sudah diterapkan hingga seberapa kompetitif perusahaan Anda dibandingkan dengan kompetitor dalam pasar.

Setelah Anda mengetahui seberapa penting dan komponen apa saja yang harus dikerjakan dalam melakukan audit ritel, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar kegiatan audit dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pasang target yang sesuai

Target audit dapat dimulai dari permasalahan yang paling terlihat di toko Anda. Apakah Anda memiliki inventaris stok barang yang rapi? Apakah selama ini promosi dijalankan dengan baik? Tentukan hal utama apa yang ingin Anda pecahkan.

Buat audit menjadi kegiatan yang memiliki jadwal tetap

Jangan sampai kegiatan audit yang krusial ini menjadi kegiatan sekali waktu yang tidak ditindaklanjuti. Tentukan waktu yang pasti untuk melakukan audit secara berkala.

Lakukan evaluasi

Audit bukanlah kegiatan mengumpulkan data tanpa makna. Setelah terkumpul data tentang apa yang terjadi dalam roda bisnis Anda, lakukan evaluasi dan jadikan data tersebut sebagai bahan mengambil keputusan bisnis di masa mendatang.

Gunakan platform yang tepat

Audit seringkali menjadi kegiatan yang merepotkan. Namun dengan tools yang tepat, seperti aplikasi online, kegiatan ini menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat.

Perkembangan teknologi yang maju saat ini dapat mempemudah dalam melakukan audit ritel perusahaan yang awalnya manual. Nimbly dapat membantu Anda dalam memaksimalkan performa audit operasional perusahaan Anda. Proses audit yang terdigitalisasi memudahkan Anda dan karyawan Anda dalam membuat laporan perusahaan, menemukan masalah apa saja yang harus Anda selesaikan hingga mengetahui stok barang yang Anda miliki hanya dengan satu aplikasi. Anda dapat dengan mudah memantau perusahaan Anda dan memaksimalkan bisnis Anda.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Nimbly? Hubungi tim kami di sini.

Learn how Nimbly can assist your business today

Book a Demo >or, watch our 5 minute demo video

For you

Take full control of your business operations

Security & Privacy

Discover more from Nimbly Technologies

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading