Food & Beverage

Tips Maintenance Peralatan Restoran

Peralatan restoran yang berfungsi dengan baik adalah faktor penting yang menunjang kesuksesan bisnis F&B. Restoran mungkin dapat tetap beroperasi tanpa melakukan maintenance peralatan dalam jangka pendek. Namun, dalam jangka Panjang, hal ini dapat menyebabkan pemborosan, mengurangi fungsionalitas peralatan, serta membahayakan keselamatan karyawan dan pelanggan. Oleh karena itu, pembuatan agenda perawatan peralatan restoran harus diatur dengan sebaik mungkin.

Apa saja yang harusnya diperhatikan dalam maintenance peralatan restoran untuk menjamin keamanan dan keselamatan dalam bisnis F&B? Simaklah ulasannya di bawah ini!

Manfaat melakukan perawatan pada peralatan restoran

Pemberlakuan maintenance peralatan restoran secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi para pengelola. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini:

Menghemat pengeluaran

Agar usaha F&B Anda menjadi sukses, ada biaya yang harus Anda keluarkan. Tidak dapat dipungkiri, pembengkakan biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan atau penggantian peralatan restoran yang dapat juga tidak sedikit. Setidaknya, dengan melakukan pemantauan secara berkala bisa mengurangi risiko kerusakan pada peralatan di restoran Anda sehingga Anda bisa terhindar dari mahalnya biaya penggantian peralatan restoran.

Meningkatkan mutu makanan

Sebagai usaha F&B, restoran dituntut untuk menyajikan makanan yang berkualitas tinggi. Peralatan dapur yang bekerja secara prima adalah salah satu faktor yang mampu meningkatkan mutu makanan yang Anda tawarkan. Pasalnya, makanan yang diolah pastinya melewati standar yang telah dibuat. Jadi, jika Anda tidak melakukan perawatan pada peralatan restoran Anda, maka banyak pelanggan yang kecewa dengan kualitas makanan yang Anda sajikan.

Membuat peralatan menjadi tahan lama

Selain dua alasan di atas, melakukan perawatan secara berkala pada peralatan restoran juga bisa membuat peralatan-peralatan tersebut menjadi awet dan tahan lama. Dengan kata lain, proses kinerja peralatan tersebut masih prima dan dapat digunakan untuk membuat banyak makanan sesuai pesanan dengan cepat. Bandingkan saja jika peralatan restoran tidak dirawat secara berkala, pastinya proses pengolahan makanan juga tersendat.

Sehat dan higienis

Dengan memberikan perawatan pada peralatan restoran, Anda juga memastikan bahwa peralatan yang digunakan untuk memasak layak untuk digunakan. Dengan kata lain, peralatan tersebut bersih dan higienis sehingga makanan yang dihasilkan juga sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Mengurangi risiko kecelakaan

Perawatan secara berkala pada peralatan restoran juga mampu mengurangi risiko kecelakaan yang bisa saja terjadi. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh luputnya perhatian akan peralatan mana saja yang perlu diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Peralatan restoran apa saja yang perlu diperiksa?

Untuk meraih semua manfaat perawatan pada peralatan restoran di atas, Anda wajib melakukan pengecekan peralatan restoran. Berikut ini adalah beberapa peralatan restoran yang perlu Anda cek:

Saluran udara

Saluran udara yang ada di dapur menjadi hal pertama yang perlu Anda cek. Dengan membersihkan saluran udara, seperti ventilasi, Anda bisa mengurangi risiko adanya kotoran yang bisa saja memengaruhi keselamatan dan kesehatan pekerja serta kualitas makanan yang dibuat.

Filter udara

Filter udara dari asap penggorengan juga perlu Anda perhatikan kelayakannya. Anda harus membersihkannya secara rutin agar bisa mengurangi risiko kebakaran. Sangat disarankan untuk membersihkannya setidaknya sekali dalam seminggu.

Mesin penggorengan

Anda harus memeriksa kondisi mesin penggorengan agar bisa melihat tanda-tanda bahwa mesin tersebut masih layak digunakan. Pasalnya, jika ada bagian yang rusak dalam mesin penggorengan, risiko terjadinya kebakaran juga semakin besar. Tidak hanya itu, jika mesin penggorengan tidak bekerja sesuai fungsinya, pastinya kualitas makanan juga bisa berkurang.

Alat pemadam kebakaran

Alat pemadam kebakaran adalah hal mutlak yang harus ada di mana saja. Pastikan bahwa alat pemadam kebakaran yang ada di restoran Anda dalam keadaan yang prima dan dalam keadaan yang bagus serta layak digunakan.

Pengawasan kondisi peralatan dengan software audit operasional

Pengawasan pada semua peralatan restoran memang kompleks, Anda perlu menyusun jadwal dan membuat checklist yang komprehensif untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Namun, melakukan hal tersebut secara manual sudah pasti rawan akan kesalahan, sehingga penggunaan software audit operasional sangat disarankan dalam hal ini.

Anda bisa menggunakan Nimbly, sebuah software inspeksi operasional yang sangat cocok untuk digunakan dalam usaha F&B seperti yang Anda miliki. Dengan Nimbly, Anda dapat membuat checklist dengan berbagai tipe pertanyaan, mencantumkan foto dan video kondisi peralatan, dan memonitor jalannya maintenance hingga selesai. Dengan adanya fitur-fitur kunci dalam pengelolaan industri, Anda bisa menghindari risiko rugi pada usaha restoran Anda sehingga tim Anda bisa bekerja secara optimal. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Food & Beverage

Desain Audit Operasional FnB dengan Langkah Ini

Membangun usaha F&B yang sukses untuk waktu yang lama bukanlah hal yang mudah. Kita bisa melihat banyak sekali restoran, kafe dan gerai kopi baru...



Food & Beverage

4 Cara Kreatif Tingkatkan Customer Engagement FnB di Akhir Tahun

Saat libur natal dan tahun baru, bisnis food & beverages tidak kalah ramainya dibandingkan dengan bisnis ritel dan mal. Akhir tahun adalah momen ...



Food & Beverage

Maksimalkan Online Review dan Rating pada Bisnis Restoran Anda

Pemanfaatan media online sangat memengaruhi kinerja dan performa bisnis restoran. Saat ini, ada banyak media online yang mengumpulkan review dan rati...



whatsapp-icon