Cegah Penyusutan Stok pada Bisnis Retail dengan 5 Cara Ini

January 29, 2020

Penyusutan stok pada bisnis retail adalah sebuah ancaman nyata. Memang lebih menarik bagi pebisnis retailer untuk mempelajari tren terbaru, strategi mendorong penjualan, dan berfokus pada akuisisi pelanggan baru daripada memikirkan penyusutan stok. Padahal, dengan membuat strategi pencegahan pencurian, Anda dapat menemukan keuntungan yang selama ini hilang begitu saja tanpa Anda sadari. Untuk membantu Anda memulihkan laba dari penyusutan stok, Anda bisa melihat beberapa strategi pencegahan kerugian untuk membantu mengurangi penyusutan dalam bisnis retail Anda di bawah ini.

Tingkatkan proses pengembalian

Salah satu penyebab utama penyusutan adalah adanya penipuan saat pengembalian produk. Oleh karena itu, untuk mencegah penipu datang kembali, Anda bisa meluangkan waktu untuk membuat kebijakan pengembalian produk secara resmi, khususnya jika Anda belum mempunyainya.

Untuk mengatasi agar risiko penipuan pengembalian bisa diminimalisir dari orang-orang tidak bertanggung jawab, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Pasang label harga pada bagian yang terlihat dengan jelas, dengan begitu, pembeli tidak akan bisa menggunakan barang tersebut tanpa membukanya.
  • Pastikan label tidak dapat diganti tanpa terdeteksi.
  • Pertimbangkan untuk menawarkan kredit yang hanya bisa dibelanjakan di toko Anda dibandingkan mengembalikan uang secara penuh.
  • Periksa kondisi item untuk memastikan mereka tidak digunakan secara berlebihan sebelum dikembalikan.
  • Catat transaksi pengembalian setiap hari sehingga Anda tetap mengetahui stok barang mana yang dikembalikan.
  • Perhatikan pelanggan yang sering mengembalikan produk. Simpan histori transaksi di POS Anda dan tambahkan catatan ke profil pelanggan setiap kali mereka melakukan pengembalian.
  • Ubah pengembalian menjadi peluang penjualan baru. Tanyakan apa masalah yang membuat mereka mengembalikan produk.

Libatkan tim yang ada

Keberhasilan bisnis retail terletak pada kerja sama tim yang ada di dalamnya. Tim yang Anda pekerjakan melakukan interaksi langsung dengan para pelanggan. Selain itu, mereka juga menangani operasi sehari-hari dari barang jualan Anda. Meskipun begitu, Anda juga harus memberikan perhatian lebih pada tim Anda agar mereka juga tidak ikut terlibat dalam tindakan tidak bertanggung jawab.

Tim bisa memantau secara langsung pergerakan yang ada dalam transaksi jual beli bisnis retail Anda. Oleh karena itu, mereka harus dibekali pengetahuan tentang apa saja hal-hal yang patut dicurigai untuk mengurangi risiko pencurian atau tindakan kriminal lainnya. Selain itu, tim Anda juga harus berhati-hati dalam melakukan operasi pada barang jualan dalam bisnis retail Anda.

Tim Anda harus memastikan bahwa barang yang dijual tidak ada yang hilang atau rusak. Oleh karena itu, jika ada kendala apa pun, mereka harus melaporkannya dan melakukan tindakan yang sudah seharusnya dilakukan. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan Nimbly, sebuah aplikasi yang memudahkan Anda untuk melakukan manajemen operasional, termasuk stok barang dagangan. Aplikasi tersebut sangat cocok digunakan jika Anda memiliki beberapa cabang bisnis retail.

Pertimbangkan juga kondisi tempat usaha

Kondisi dari tempat usaha bisnis retail Anda juga memiliki peran penting dalam mengatasi penyusutan stok. Pertimbangkanlah tata letak toko Anda, display, hingga lokasi pembelian untuk membuatnya mudah dipantau agar tidak memberikan celah pada orang-orang tidak bertanggung jawab melakukan tindakan yang tidak diinginkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan CCTV untuk membantu Anda memantau keadaan dalam tempat usaha Anda. Selain itu, tingkatkan juga sistem keamanan dengan merekrut satpam yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan di tempat usaha Anda.

Selain untuk mengurangi ancaman dari pencurian, penampilan kondisi tempat usaha Anda juga harus ditata rapi. Hal tersebut bertujuan agar penyimpanan barang dagangan Anda tidak asal-asalan sehingga barang dagangan tersebut tidak rusak dan berkurang mutunya. Biasanya, hal-hal seperti ini luput dari perhatian sehingga banyak penyusutan stok di sini dan pastinya merugikan bisnis retail Anda.

Tingkatkan penggunaan teknologi

Pada beberapa kasus, penggunaan teknologi dalam sebuah bisnis retail terbukti mampu memberikan manfaat yang signifikan. Penyusutan stok bisa dikurangi dengan menggunakan teknologi yang baik dan benar. Anda bisa menggunakan perangkat lunak manajemen inventaris agar organisasi dalam penyediaan barang dagangan Anda bisa terekam dengan baik jejaknya.

Selain itu, penggunaan teknologi dengan perangkat lunak yang tepat juga memudahkan Anda dalam melakukan sistem administrasi. Hasilnya, penyusutan stok pada bisnis retail Anda bisa menurun. Hal tersebut dikarenakan pemantauan yang Anda lakukan dalam menggunakan perangkat lunak tadi.

Baca juga: 4 Manfaat Beralih ke Audit Paperless

Melakukan audit secara teratur

Melakukan audit secara teratur dari setiap barang dagangan yang Anda jual bisa mengurangi risiko penyusutan stok pada bisnis retail Anda. Dalam hal ini, Anda bisa membuat daftar periksa kebijakan dan prosedur pencegahan kehilangan yang ada. Setelah itu, Anda bisa melakukan evaluasi dalam melakukan audit secara teratur dalam bisnis retail Anda.

Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat evaluasi termasuk keamanan fisik dari penyimpanan barang dagangan Anda, mutu perangkat keras, dan perangkat lunak. Selain itu, peran tim dan juga sistem inventaris juga layak untuk dievaluasi dalam audit secara rutin.

Memiliki bisnis retail sangat menguntungkan. Namun, ada juga beberapa risiko yang bisa datang pada bisnis tersebut. Mengenai hal tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi dalam beberapa aspek di atas agar bisnis retail Anda tidak mengalami penyusutan stok. Hasilnya, usaha bisnis retail Anda bisa mendapatkan profit yang signifikan.

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Table of Contents

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture - Nimbly Agriculture HVCO -

Read this article in your native language!

Related Articles

September 24, 2021
4 Key Strategies To Take Advantage of The Omnichannel Retail
The Omnichannel Retail Strategy is indeed hot among retail businesses, here are 4 key strategies that can be applied to your Omnichannel Retail
July 27, 2021
Why Visual Merchandising Is Important for Retail Businesses
Visual merchandising is all about the look, atmosphere, and culture of the shop and your brand. If these are done perfectly, it will help to increase the brand loyalty of your customers. Below are the importance of Visual Merchandising and how to implement it:
September 8, 2021
Operational Strategy for Big Brands like Express Food Group
Here is the secret Operational Strategy from EFG, one of Southeast Asia's leading food and delivery operators by leveraging Smart Auditing Software.
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy