Kembangkan Bisnis Anda dengan Manajemen Operasional Digital

Teknologi telah diterapkan dalam hampir seluruh bisnis yang ada di dunia. Teknologi telah membantu bisnis untuk melayani lebih banyak pelanggan, meningkatkan kualitas produk dan layanan, mempercepat proses bisnis, dan mengurangi penggunaan tenaga manusia dalam pekerjaan yang berisiko tinggi. Teknologi berperan penting dalam meningkatkan standar hidup manusia.

Sepuluh tahun yang lalu mungkin tidak terpikirkan oleh kita bahwa kita bisa memesan taksi dan ojek melalui handphone tanpa harus menyiapkan uang tunai dan menunggu kembalian. Kita kini dapat streaming film di TV tanpa harus mengunduh film satu per satu untuk bisa menyimpannya di DVD dan memutarnya di TV. Tidak terpikirkan berbelanja di luar kota akan semudah dan secepat sekarang melalui situs jual beli online.

Bayangkan, betapa mudahnya kehidupan kita saat ini berkat perkembangan teknologi. Lalu, mengapa perusahaan Anda masih mempertahankan cara tradisional dalam melakukan manajemen operasional?

Sama seperti teknologi-teknologi di atas, platform manajemen operasional digital juga akan memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan proses bisnis. Apa saja kegunaan dari manajemen operasional digital yang bisa Anda dapatkan untuk mengembangkan bisnis? Simaklah ulasan berikut ini!

Memperbaiki proses manajemen operasional yang tidak efisien

Proses manajemen operasi pada sebuah bisnis pasti berkembang seiring berjalannya waktu. Namun, ketika perusahaan tumbuh semakin besar, proses operasional juga semakin rumit dan jika dibiarkan akan menimbulkan efisiensi.

Misalnya, ketika perusahaan masih beranggotakan 9 – 10 karyawan, mungkin pekerjaan lebih mudah ditangani secara manual dan urusan administratif masih belum banyak diperlukan. Namun, ketika tim sudah tumbuh menjadi 50 karyawan ke atas, mulai membuka cabang lebih dari 2 unit usaha, urusan operasional pun akan mulai menumpuk. Anda tidak lagi dapat menangani karyawan Anda satu per satu, Anda tidak lagi memiliki cukup waktu untuk mendatangi dan memantau performa satu per satu cabang usaha. Belum lagi membahas soal grafik penjualan masing-masing cabang dan mengatasi kolaborasi antardepartemen. Jika manajemen operasional Anda masih ditangani dengan cara yang tradisional, seberapa besar pun tim Anda, Anda akan tetap merasa pekerjaan tidak pernah terselesaikan dalam waktu yang optimal. Hal ini akan membuat pertumbuhan perusahaan terhambat.

Teknologi akan memungkinkan Anda mengawasi jalannya operasional perusahaan secara lebih luas, menyeluruh, dan dalam waktu yang lebih singkat. Jika terdapat mengenai temuan isu di salah satu cabang, Anda dapat langsung mengetahui masalah tersebut melalui telepon genggam atau laptop Anda. Informasi tersebut juga dapat langsung dikirimkan ke departemen-departemen terkait. Anda tidak perlu menunggu berhari-hari untuk menerima laporan dan bertukar pesan dengan tim yang ada di lapangan. Masalah akan lebih cepat diselesaikan. Sistem entri data digital ini juga akan mengurangi tingkat kesalahan penginputan data. Tentu saja, sistem entri data digital ini juga akan memangkas biaya cetak, pembelian kertas, pemeliharaan dokumen, dan pengadaan ruang penyimpanan.

Membuat keputusan berdasarkan data yang aktual dan faktual

Layaknya sebuah karya jurnalistik, pengembangan bisnis dengan menggunakan data yang aktual dan faktual juga penting adanya. Data-data yang terkumpul untuk pengembangan bisnis harus aktual dan faktual karena data tersebut digunakan untuk proses pembuatan keputusan nantinya. Bayangkan saja jika data yang digunakan sebagai pencetus keputusan-keputusan baru adalah data yang dikira-kira, sudah pasti pembuatan keputusan yang dihasilkan tidak akan efektif.

Dalam sebuah bisnis, memperoleh data yang aktual dan faktual, apalagi dari banyaknya sumber, membutuhkan tenaga ekstra. Namun, dengan menggunakan manajemen operasi digital, Anda bisa mengumpulkan data secara lebih cepat. Data perilaku pelanggan dan juga manajemen operasi bisnis membantu Anda dalam mengidentifikasi hambatan-hambatan apa saja yang mengganggu proses pekerjaan dalam bisnis Anda.

Data tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk melihat tren yang terjadi dalam perusahaan, demi pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Aksesibilitas yang ditawarkan oleh sistem digital juga memudahkan Anda memantau kinerja cabang dan karyawan Anda di mana pun dan kapan pun.

Baca juga: 4 Tren dalam Manajemen Operasional di 2020

Standardisasi laporan dan sistem inspeksi di seluruh cabang perusahaan

Dengan menggunakan sistem manajemen operasional digital, Anda dapat memastikan bahwa tim di lapangan menggunakan kuesioner inspeksi dan sistem yang sama untuk setiap lokasi. Anda juga dapat melampirkan modul sebagai referensi visual bagi tim Anda dalam melakukan inspeksi. Jika seluruh tim menggunakan sistem yang sama untuk mengevaluasi operasional lapangan, Anda dapat mengumpulkan wawasan secara lebih akurat dan mendapatkan gambaran kualitas operasional organisasi secara keseluruhan dengan lebih baik. Anda juga tidak perlu repot menginformasikan dan mencetak ulang jika terdapat pembaruan kuesioner.

Penggunaan platform manajemen operasional digital memang sangat membantu dalam mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan Nimbly untuk mengoptimalkan alur kerja serta strategi pengelolaan bisnis Anda. Adanya penggunaan perangkat lunak dalam keterlibatan alur kerja suatu bisnis sangat memudahkan pekerjaan Anda dan staf Anda.

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Free F&B eBook: Learn from the Industry Experts

FREE eBook 8 Powerful Ingredients for F&B Success in the COVID and Post COVID Era

Read this article in your native language!

Related Articles

September 17, 2019
Otomatisasi 4 Pekerjaan Ini Agar Lebih Produktif
Sadarkah Anda? Selama ini, perusahaan seringkali menghabiskan waktu dan biaya yang besar hanya untuk menjalankan pekerjaan manual. Lebih dari 40 persen karyawan mengatakan bahwa mereka […]
May 19, 2020
Tips Mempermudah KPI Monitoring Selama Work From Home
Seluruh dunia sedang mengalami dampak dari penyebaran pandemi yang belum mereda. Sektor ekonomi juga sangat terpengaruh dengan kondisi ini dikarenakan aktivitas industri dan bisnis hampir […]
December 11, 2019
5 Solusi Praktis dalam Mengelola Beberapa Cabang Bisnis
Semakin besar perusahaan Anda, semakin besar pula kesempatan untuk membuka cabang bisnis di beberapa kota dan tempat. Akan tetapi, membuka dan mengelola cabang bisnis tidaklah […]
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 – 2022 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 – 2022 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy