Maksimalkan Online Review dan Rating pada Bisnis Restoran Anda

January 15, 2020

Pemanfaatan media online sangat memengaruhi kinerja dan performa bisnis restoran. Saat ini, ada banyak media online yang mengumpulkan review dan rating yang diberikan oleh para pengunjung. Para pengunjung tersebutlah yang memberikan ulasan dan peringkat dari kualitas bisnis yang Anda kelola. Mulai dari pelayanan, fasilitas, hingga produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Apa pengaruh review dan rating dalam bisnis restoran?

Pemberian review dan rating dulunya sering diulas oleh para kritikus kuliner dan sering dimuat di koran. Para kritikus tersebut memang terkenal akan pengalamannya dan juga keahliannya dalam menilai kualitas makanan yang dihidangkan oleh sebuah bisnis restoran. Berbeda dengan saat ini, para pengunjung biasa yang tidak memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengkritik makanan juga bisa memberikan review dan rating pada media online dengan bebas.

Adanya review dan rating ini sendiri biasanya memberikan dampak yang sangat signifikan pada kemajuan bisnis restoran. Review dan rating menjadi media promosi yang tepat bagi sebuah bisnis restoran untuk mengembangkan bisnis mereka. Hal ini telah terbukti dari banyaknya bisnis restoran yang memiliki review bagus serta rating tinggi mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang datang.

Mempertahankan review dan rating positif

Sebuah review dan rating positif yang diberikan oleh pelanggan di media online menjadi tolok ukur yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan pastinya tidak ingin mendapatkan pelayanan dan hidangan yang tidak berkualitas dari bisnis restoran Anda. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke bisnis restoran Anda, mereka mencari-cari terlebih dahulu review dan rating bisnis restoran Anda agar tidak seperti membeli kucing di dalam karung.

Oleh karena itu, memberikan pelayanan yang baik bagi para pengunjung bisa meningkatkan review dan rating bisnis restoran Anda ke arah yang lebih positif. Hasilnya, semakin banyak pengunjung yang akan datang ke bisnis restoran Anda. Hal itu berarti mampu memberikan peningkatan profit pada bisnis restoran Anda.

Tolok ukur perbaikan dan pengembangan bisnis restoran Anda

Anda bisa menggunakan hasil review dan rating tersebut sebagai indikator dalam hal pengembangan pengelolaan dan evaluasi dari bisnis restoran Anda, apa saja yang perlu Anda perbaiki jika bisnis restoran Anda memiliki review dan rating negatif. Buatlah hal tersebut sebagai pembelajaran dan perbaikan.

Media promosi bisnis perusahaan Anda

Dilihat dari sisi pengunjung, jika review dan rating yang dimiliki oleh bisnis restoran tersebut rendah, maka mereka tidak merekomendasikan kuliner di tempat tersebut kepada orang lain. Di sinilah review dan rating pada media online memainkan faktor penting dalam promosi bisnis restoran yang Anda kelola.

Review dan rating positif bisa menjadi media promosi yang mampu memberikan efek signifikan. Bayangkan saja, jika pelanggan lama Anda merekomendasikan bisnis restoran Anda pada teman-temannya. Hal tersebut akan menjadi peluang baru bagi bisnis restoran Anda untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru pastinya.

Untuk mendapatkan review dan rating yang baik, Anda harus memiliki pengelolaan yang baik dalam memaksimalkan kinerja dan performa bisnis restoran Anda. Namun, pengelolaan restoran memang bisa menjadi rumit jika bisnis restoran Anda memiliki banyak cabang di mana saja. Oleh karena itu, Nimbly hadir dalam memberikan manajemen pengelolaan yang baik dan sederhana yang cocok diterapkan pada bisnis perusahaan Anda.

Dengan Nimbly, Anda dapat memantau operasional setiap cabang kapan saja di mana saja. Anda hanya perlu membuat kuesioner berisi apa saja aspek yang harus diperiksa saat restoran dibuka. Kemudian, tugaskan tim di lapangan untuk mengisi kuesioner tersebut. Jika ditemukan masalah, anggota tim Anda dapat langsung melaporkan masalah tersebut melalui aplikasi Nimbly agar dapat segera ditangani. Dengan begitu, Anda dapat memberikan dining experience yang berkualitas bagi pelanggan Anda di seluruh cabang dan memperoleh rating dan review yang positif.

Selamat mencoba!

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Read this article in your native language!

Related Articles

July 23, 2021
7 Tips for Maximizing Takeaway and Delivery Services
Shifting to the takeaway & delivery systems might feel a little confusing. We have reviewed some important points to note below, so you can deliver the same quality of dining experience your customers can get at home as dining at your restaurant.
April 7, 2021
Ramadan in Pandemic: How to Successfully Manage Your Restaurant
This year is the second time we face Ramadan in a pandemic. If you are managing an F&B business, these effective tips will help you face it with success. 
May 27, 2021
The Importance of Standardization in Franchise Business
One business model that has a high level of profit is franchise business. The following are the reasons to standardize your franchise business.
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy