Tingkatkan Profit dengan Manajemen Persediaan yang Efektif

October 1, 2019

Manajemen persediaan atau stok adalah salah satu hal krusial yang akan menentukan apakah perusahaan Anda akan berjalan dengan baik atau tidak. Manajemen persediaan bukan hanya berfungsi untuk mengetahui berapa jumlah produk yang masih tersedia di gudang. Manajemen persediaan yang baik penting untuk dilakukan agar Anda dapat selalu memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencegah penumpukan barang yang tidak diperlukan.

Apakah hanya itu saja keuntungan mempunyai manajemen inventaris yang baik? Tentu saja tidak. Berikut adalah hal-hal bermanfaat yang hanya bisa Anda dapatkan jika Anda melakukan manajemen persediaan secara tepat.

1. Keseimbangan antara persediaan barang dan penjualan

Apa yang terjadi jika persediaan barang Anda di gudang ternyata jauh lebih banyak dibanding permintaan pasar? Tentu hal ini dapat memicu defisit anggaran pada keuangan perusahaan Anda. Namun, apabila jumlah persediaan barang berada di bawah permintaan pelanggan, perusahaan justru bisa rugi besar karena kehilangan kesempatan untuk melakukan penjualan. Bahkan, jika tidak ditangani dengan baik, defisiensi stok dapat menggerogoti nilai penjualan dan menurunkan reputasi perusahaan. Dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin pelanggan Anda lebih memilih bertransaksi dengan kompetitor Anda.

Hal ini dapat dicegah dengan mengelola stok secara teliti. Dengan menganalisis data keluar masuknya stok dan penjualan barang secara berkala, Anda dapat memprediksi seberapa banyak produk yang perlu disiapkan untuk memenuhi permintaan pelanggan. Tak ada lagi kasus excess stock maupun stock-out yang dapat merugikan bisnis Anda.

2. Prediksi dan rencana penjualan yang tepat

Adanya data stok yang dibuat secara akurat akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas. Data tersebut dapat digunakan untuk memonitor penjualan produk mana yang layak dipertahankan, dan mana yang perlu dipertimbangkan untuk dihentikan.

Imbas jangka panjangnya, Anda sangat mungkin mencapai sales closing dengan nilai fantastis berkat strategi bisnis yang akurat. Siapa yang tidak ingin perusahaannya terus mengalami profit?

Baca juga: Cegah Penyusutan Stok pada Bisnis Retail dengan 5 Cara Ini

3. Pengiriman barang tepat waktu ke pelanggan

Untuk memastikan bahwa pengiriman barang sampai ke tangan pelanggan tepat waktu, diperlukan manajemen inventaris yang baik pula. Apa hubungannya?

Ada banyak kasus yang terjadi ketika sang manajer gudang atau karyawan yang mengurusi permasalahan stok barang tidak terlalu mengetahui jumlah, jenis, maupun varian barang apa saja yang masih ada atau harus dibeli secepatnya dari vendor langganan. 

Atau, mungkin saja orang tersebut mengetahui dengan baik terkait kuantitas dan macam-macam jenis stoknya. Hanya saja tak terlalu memahami di mana letak setiap kelompok barang yang dimaksud karena manajemen inventaris barang yang diterapkan tidak dikelola dengan baik dan rapi. Hal ini dapat mengakibatkan kesalahan pengiriman atau penundaan pengiriman barang kepada pelanggan.

Akurasi dan kesegeraan dalam pengiriman barang menjadi lebih signifikan lagi bagi Anda yang berjualan secara online. Salah mengirim barang dapat mengakibatkan pelanggan memberikan rating yang rendah dan enggan berbelanja kembali di outlet Anda. Ditambah lagi, Anda harus menghabiskan biaya untuk mengirim ulang barang.

Karena itu, penting untuk mengelola persediaan secara teliti dan rutin. Jangan sampai kepercayaan pelanggan atas perusahaan Anda runtuh seketika hanya karena kesalahan kecil yang seharusnya bisa ditanggulangi sedini mungkin.

Selain itu, salah satu tips untuk memudahkan pelanggan dalam berbelanja adalah selalu update jumlah stok barang di e-commerce Anda. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu lagi repot-repot menanyakan apakah barang masih tersedia dan menghabiskan waktu menunggu jawaban dari Anda.

4. Pemesanan bahan baku ke vendor tepat waktu

Ketika Anda mengetahui dengan pasti apa isi gudang Anda, maka Anda akan dengan mudah melakukan order ulang langsung ke vendor setiap Anda mengetahui ada persediaan barang yang kurang dan perlu ditambah. 

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah melakukan order yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hanya dengan mengumpulkan data dari laporan stok sebelumnya Anda dapat melakukan order yang sama persis, sehingga Anda tidak perlu khawatir memesan produk yang salah.

Bayangkan apabila semua pencatatan stok masih berupa tulisan manual atau hanya diketik di program biasa, berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk mengganti deskripsi spesifikasi produk yang kerap berganti dengan cepat dalam jumlah yang banyak, mencocokkan jumlah stok barang dan sulitnya membuat repeat order dalam format yang persis.

Anda dapat menggunakan aplikasi pemeriksaan digital dan manajemen operasional seperti Nimbly untuk manajemen stok Anda. Dilengkapi dengan fitur manajemen inventaris, Nimbly hadir untuk memudahkan Anda dalam memonitor persediaan barang secara real-time. Pantau persediaan barang dengan mengintegrasikannya ke dalam audit harian Anda, lakukan penghitungan stok secara cepat dan akurat dengan formulir digital, dan terima notifikasi saat stok berada di bawah jumlah yang telah ditetapkan.

Ingin mengetahui cara mengintegrasikan Nimbly ke dalam proses operasional bisnis Anda? Hubungi tim kami.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Read this article in your native language!

Related Articles

September 6, 2021
5 Important Things for a Good Inspection and Test Plan (ITP)
Inspection and Test Plan is one tool that ensures that the quality of the product is on standards and requirements, here are 5 important things for your ITP
April 26, 2021
6 Reasons to Improve Your Business with Digital Checklist
These are how a digital checklist through an online platform can skyrocket your business operations
March 3, 2020
4 Cara Menjadi Manajer Operasional Masa Kini
Manajer operasional berkontribusi terhadap kesuksesan operasional bisnis. Seorang manajer operasional mempunyai satu tanggung jawab, yakni kepuasan konsumen.
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy