Mengapa Visual Merchandising Penting Bagi Bisnis Ritel

November 5, 2019

Manusia adalah makhluk visual. Sebagian besar dari kita memproses informasi berdasarkan apa yang kita lihat. Menurut Social Science Research Network, 65 persen manusia adalah pembelajar visual. Karena itu, visual merchandising adalah salah satu aspek penting dalam ritel yang tidak bisa diabaikan.

Visual merchandising bertujuan untuk membuat gerai ritel lebih menarik dan menyenangkan bagi pengunjung, serta mendorong pembelian impulsif. Strategi ini menjadi semakin penting karena dalam beberapa tahun terakhir, pelanggan berpindah ke situs belanja online. Visual merchandising adalah semua tentang tampilan, suasana, dan budaya dari toko dan brand Anda. Jika dilakukan dengan sempurna, ini akan membantu meningkatkan loyalitas merek pelanggan Anda.

Pentingnya Visual Merchandising & Bagaimana Mengimplementasikannya

1. Berikan kesan pertama yang membuat pengunjung tertarik

Pelanggan hanya memiliki beberapa detik untuk melihat toko Anda dan memutuskan untuk masuk atau tidak ke toko Anda. Eksterior gerai yang tertata rapi, menarik dan menjelaskan brand dengan jelas akan memikat pembeli untuk masuk ke gerai Anda. Penampilan, seragam, pencahayaan, menu, signage, warna, point of sales, kemasan - hal-hal ini merupakan elemen dari visual merchandise. Dengan menampilkan elemen-elemen tersebut secara jelas dan konsisten, Anda dapat membantu pelanggan memahami brand Anda, yang mengarah pada pengalaman berbelanja yang positif, dan peningkatan penjualan.

2. Yakinkan pelanggan untuk membeli produk yang ia lihat

Tata letak yang mengoptimalisasi komponen visual produk dapat menghasilkan penjualan yang besar. Ketika Anda pergi ke toko furnitur, apakah mereka memajang seluruh sofa yang mereka miliki dalam barisan? Atau sebaliknya Anda menemukan sofa, vas bunga, meja, dan kursi berlengan diatur dalam format ruang tamu? Membantu pelanggan membayangkan tampilan produk ternyata dapat membantu ritel meningkatkan penjualan. Tampilan tersebut juga mungkin mendorong pelanggan yang sebelumnya hanya ingin membeli sofa, menambahkan meja yang begitu cocok dengan sofa tersebut.

Letakkan produk baru, penawaran khusus, dan produk-produk berukuran kecil dengan harga murah di dekat antrian pembayaran. Posisi sign potongan harga yang benar juga dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian impulsif.

3. Hadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan

Tidak ada yang lebih buruk daripada tersesat di toko yang berantakan. Membanjiri pelanggan dengan produk dan menawarkan terlalu banyak pilihan seringkali menjadi bumerang bagi ritel. Pelanggan akan merasa kewalahan, bingung, dan memutuskan untuk keluar dari toko. Untuk itu, penting bagi ritel untuk memilih produk yang tepat untuk menarik target audiens yang Anda inginkan.

Sign di toko Anda harus ringkas dan jelas. Terlalu banyak sign dan tulisan akan membuat pengunjung Anda kehilangan arah. Sesuaikan elemen visual dengan branding perusahana Anda. Gunakan font yang sederhana dan mudah dibaca dari kejauhan. Tidak semua produk perlu ditampilkan. Pilih produk yang paling memiliki daya tarik untuk di pajang di depan dan di tengah toko. Analisis ruang yang Anda miliki untuk mengetahui seberapa banyak produk yang harus Anda pajang. Coba letakkan produk berdasarkan warna atau letakkan produk sesuai kategori untuk mempermudah pelanggan menemukan barang yang mereka butuhkan. Tunjukkan bagaimana produk tersebut dapat berguna bagi pembelinya.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui pentingnya visual merchandising. Sudahkah bisnis retail Anda menerapkannya? Jika belum, segera buat perencanaan visual merchandising untuk gerai ritel Anda. Jika sudah, apakah Anda memastikan penerapan visual merchandising tersebut sehari-hari sesuai dengan rencana awalnya?

Membuat rencana visual merchandising memang bukan hal yang mudah, tetapi mengaplikasikan rencana tersebut secara konsisten bisa jadi lebih sulit lagi jika Anda tidak menggunakan bantuan teknologi yang tepat. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kini ada Nimbly yang dapat membantu Anda memonitor penempatan produk dan dekorasi di gerai Anda. Dengan Nimbly, Anda dapat mencantumkan referensi penempatan produk yang benar, dan saat melakukan audit ritel, minta tim Anda di lapangan untuk memeriksa dan membenahi penempatan produk sesuai referensi.

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Table of Contents

Read this article in your native language!

Related Articles

December 14, 2020
How to Land More Sales During Holiday Season in the Pandemic [Infographic]
See the infographic below to learn how your business can adapt to the new normal of holiday season shopping.
February 10, 2021
Retail Trends for Successful Business in 2021
Retail trends in 2021 put more emphasis on safe shopping, delivery, and digital service. Find out the ideal business strategy and management tool for success.
August 23, 2021
Prevent the Stock Shrinkage in Your Retail Business with These 5 Ways
Inventory shrinkage is the real threat for retailers everywhere and it can have a big impact on your business. Take a look at these loss prevention strategies to help reduce shrinkage in your retail business!
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy