Menuju Penghujung Tahun, Sudah Melakukan Evaluasi Bisnis?

December 26, 2019

Sebelum menyambut tahun baru, waktunya Anda menelisik kembali pencapaian-pencapaian apa yang telah bisnis Anda raih dalam satu tahun penuh ke belakang. Dengan mengetahui apa saja kemajuan yang telah tercapai, maka akan lebih mudah untuk melakukan perencanaan bisnis Anda selanjutnya.

Tentu tidak hanya kemajuan saja yang perlu Anda perhatikan, namun juga segala aktivitas dalam bisnis Anda, baik yang negatif maupun positif, yang berkontribusi membawa bisnis Anda di posisi saat ini. Evaluasi besar-besaran atas aktivitas satu tahun penuh bisnis Anda akan memudahkan untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus Anda ambil pada tahun berikutnya.

Evaluasi Menyeluruh Apa yang Jalan dan Apa yang Tidak

Dalam melakukan evaluasi tahunan, pertama Anda harus mengevaluasi selama setahun ke belakang, apa strategi yang telah berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Setelahnya, Anda bisa memikirkan apakah kondisi yang melatarbelakangi kesuksesan strategi tersebut masih ada atau tidak di tahun depan. Apabila memungkinkan, kita bisa mengulangi strategi yang berhasil tersebut di tahun depan.

Berikutnya, Anda harus melihat apa strategi yang tidak memberikan hasil menarik. Apabila dari metrik yang sudah Anda tentukan dianggap gagal, Anda tidak perlu memperjuangkannya, langsung saja dihapus dari rencana tahun depan.

Hal yang Harus Anda Evaluasi Dalam Operasional Perusahaan

Ada banyak hal yang bisa kita evaluasi dalam kaidah operasional perusahaan. Namun, tiga hal paling penting adalah proses SOP, performa dari karyawan, dan kepuasan pelanggan. Dalam mengevaluasi proses SOP, kita harus melihat apakah SOP tersebut masih relevan dengan kondisi bisnis terbaru. Apabila sudah tidak relevan atau justru memberi hasil buruk, pertimbangkan untuk membuat SOP baru agar memberi hasil lebih baik.

Berikutnya, dalam mengevaluasi performa karyawan, kita harus melihat hasil pencapaian mereka apakah sudah sesuai dengan goal dari perusahaan. Bagi karyawan yang berperforma baik, kita harus mengetahui apa penyebab performa baik tersebut, sehingga bisa diajarkan pada karyawan yang berperforma kurang baik. Sistem evaluasi performa karyawan harus rutin dan fair, sehingga semua karyawan termotivasi untuk menjadi lebih baik.

Terakhir, kepuasan pelanggan adalah metrik paling penting dalam operasional. Semua kegiatan operasional bisa dibilang berhasil apabila pelanggan puas. Kebalikannya, meskipun kita mengklaim mempunyai proses operasional yang baik, apabila pelanggan tidak puas, maka ada yang perlu diperbaiki dalam proses operasional perusahaan kita.

Sumber foto: Medium.com

Bagaimana Cara Me-review dan Membuat Rencana Tahunan yang Baik

Setelah memiliki data tentang apa strategi yang jalan dan yang tidak jalan di tahun ini, dan evaluasi menyeluruh terhadap proses operasional, performa karyawan, dan kepuasan pelanggan, barulah Anda bisa mulai membuat rencana tahunan untuk tahun depan. Anda harus menjadikan semua hasil evaluasi di atas sebagai acuan pembuatan rencana tahunan.

Anda bisa mulai dengan menentukan apa fokus bisnis utama Anda di tahun depan. Keputusan ini harus berdasarkan evaluasi apa yang jalan dan apa yang tidak di tahun ini, terutama dari kepuasan pelanggan dan sisi dampak finansialnya pada perusahaan. Setelah menentukan fokus, barulah Anda melihat hasil evaluasi dari proses operasional dan performa karyawan, apakah Anda perlu membuat perbaikan operasional untuk bisa mengeksekusi fokus tahun depan tersebut?

Sudah Evaluasi, Lalu Apa?

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda tinggal mendetailkan lagi fokus bisnis utama menjadi milestone kunci untuk menjadi target tahunan, kuartal, dan bulanan. Tentunya Anda harus mengkomunikasikan target perusahaan ini dengan baik pada seluruh karyawan dan pemangku kepentingan di perusahaan.

Evaluasi akan jauh lebih mudah dilakukan apabila Anda memiliki catatan data audit operasional selama satu tahun ke belakang. Sudahkah perusahaan Anda mengimplementasikan audit operasional dan menggunakan teknologi untuk menganalisis data tersebut? Jika belum, jangan khawatir, kini ada Nimbly yang siap membantu Anda. Dengan Nimbly, Anda dapat menugaskan tim yang ada di lapangan untuk melakukan audit operasional setiap hari. Data dari hasil audit operasional tersebut dapat Anda akses secara real-time di dasbor Anda. Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data.

Cukup mudah bukan melakukan evaluasi perusahaan di akhir tahun menggunakan aplikasi tersebut?

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Table of Contents

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture - Nimbly Agriculture HVCO -

Read this article in your native language!

Related Articles

May 12, 2020
7 Aplikasi untuk Membantu Kerja Remote
Agar operasional bisnis atau perusahaan Anda tetap berjalan optimal walau sebagian atau bahkan semua karyawan melakukan kerja secara remote, Anda dapat menggunakan beberapa dari aplikasi […]
February 19, 2021
How Workload Analysis Increases Your Team Productivity
Workload analysis is important to reduce the backlog, reduce work-related stress, and improve your team’s performance.
December 10, 2020
Operational Problems Piling Up? Solve Them With These 8 Steps
When operational issues occur, a company need to find a solution fast to solve them. These are important steps to take to solve these operational problems.
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy