Persiapkan 5 Hal Ini untuk Kembali Beroperasi saat New Normal

June 4, 2020

Perubahan drastis aktivitas masyarakat yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 telah berdampak pada perekonomian secara signifikan. Untuk menjaga keseimbangan perekonomian, pemerintah tentu tidak dapat selamanya mengharuskan seluruh warga untuk beraktivitas di rumah dan membatasi operasi seluruh bidang usaha. Untuk itu, pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan kebijakan new normal.

"New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19."

— Wiku Adisasmita,
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Belum lama ini, pemerintah daerah DKI Jakarta juga telah memberikan kepastian tentang berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jakarta. Mulai tanggal 5 Juni mendatang, beberapa sektor tertentu di Jakarta, terutama pusat perbelanjaan akan kembali beroperasi setelah dua bulan tutup sementara. Apakah bisnis Anda adalah salah satunya? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui hal-hal yang perlu Anda persiapkan untuk kembali membuka bisnis Anda di era new normal.

Konfirmasi Peraturan dengan Pemerintah Daerah Setempat

Tanggal dimulainya kembali roda perekonomian mungkin bervariasi dari kota satu ke kota lainnya. Pastikan Anda tidak salah menentukan tanggal untuk kembali membuka bisnis Anda. Konfirmasi dengan pemerintah setempat untuk mengetahui secara pasti kapan Anda dapat kembali menerima dan melayani pengunjung di outlet Anda. Kumpulkan juga berbagai informasi, aturan, dan prosedur operasional yang harus Anda terapkan ketika membuka bisnis saat kebijakan new normal diberlakukan. Pastikan informasi tersebut berasal dari sumber-sumber resmi dan terpercaya.

Persiapkan Karyawan untuk Kembali Bekerja

Langkah selanjutnya yang paling penting untuk dilakukan adalah memastikan karyawan Anda sudah siap untuk kembali bekerja di luar rumah. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ambil untuk memastikan karyawan Anda sudah siap kembali melayani pelanggan secara tatap muka.

  • Buat daftar karyawan yang Anda butuhkan untuk hadir di outlet. Anjurkan karyawan untuk tetap bekerja dari rumah jika pekerjaannya tidak harus dilakukan di kantor.
  • Pastikan karyawan tersebut dalam kondisi yang sehat untuk bekerja. Tanyakan kepada setiap karyawan apakah mereka pernah positif terinfeksi virus Corona, pernah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona, dan pernah bepergian ke luar kota.
  • Atur shift karyawan sesuai dengan aturan physical distancing yang dianjurkan. Distribusikan jadwal ke karyawan minimal 2 minggu sebelum bisnis kembali dibuka agar karyawan dapat mempersiapkan diri untuk kembali bekerja.
  • Ingatkan dan tekankan kembali protokol kesehatan pada karyawan saat mereka kembali bekerja. Pasang signage mengenai kebersihan di ruang istirahat dan toilet karyawan. Jangan bosan-bosan untuk terus mengingatkan karyawan untuk mencuci tangan, menggunakan masker, dan menghindari menyentuh muka.

Periksa Kembali Jumlah Inventaris yang Tersedia

Inventaris merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperiksa sebelum Anda kembali membuka bisnis. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar inventaris produk memadai saat bisnis kembali dibuka.

  • Cek kembali apakah jumlah inventaris yang ada saat ini sesuai dengan catatan inventaris terakhir yang diambil sebelum outlet tutup sementara.
  • Periksa apakah barang-barang tersebut masih layak jual setelah disimpan lama di dalam ruang penyimpanan.
  • Analisis laporan penjualan saat periode PSBB dan lihat kembali laporan penjualan tahun lalu di bulan yang sama. Pelajari juga tren pencarian produk Anda di Google serta media sosial. Hal ini akan membantu Anda mengetahui seberapa banyak dan produk apa yang perlu disediakan.

Periksa kembali peralatan dan keamanan outlet

Untuk memastikan outlet Anda dapat berjalan dengan lancar saat pembukaan, pastikan seluruh bangunan dan peralatan elektronik aman untuk digunakan dan berfungsi dengan baik.

  • Periksa apakah terdapat kerusakan pada properti outlet, signage, dan aspek fisik lainnya pada outlet Anda. Pastikan juga tidak ada tanda-tanda kerusakan atau pembukaan secara paksa pada pintu masuk, kasir, dan brankas pada outlet.
  • Cek kembali apakah seluruh lampu, alat kelistrikan, dan air berjalan dengan baik. Segera hubungi teknisi Anda jika terdapat kerusakan.
  • Periksa kamera CCTV dan sistem alarm pada outlet Anda untuk menjaga operasional outlet tetap aman.
  • Jangan lupa untuk memeriksa sambungan telepon, internet, dan sistem POS agar karyawan Anda dapat melayani transaksi pelanggan dengan lancar.
  • Pasang kembali in-store & window display sesuai dengan promosi dan tema yang sedang berlangsung.

Tetap Implementasikan Prosedur Kebersihan secara Ketat

Ingat, pemulihan aktivitas bisnis dan dihentikannya PSBB sangat rentan meningkatkan penyebaran virus Corona jika tidak disertai dengan protokol kesehatan yang ketat. Untuk itu, Anda harus tetap meminta karyawan dan pelanggan Anda untuk mematuhi prosedur kebersihan.

  • Pasang signage mengenai aturan yang harus dipatuhi oleh pelanggan di area luar outlet agar pelanggan dapat membacanya sebelum mereka memasuki outlet.
  • Periksa suhu tubuh karyawan dan pelanggan sebelum mereka masuk ke area outlet. Anjurkan karyawan dan pelanggan yang mengalami gejala flu, batuk, dan demam untuk pulang dan mengisolasi diri.
  • Batasi jumlah pengunjung yang boleh berada di dalam outlet dan tetap terapkan jarak minimal 2 meter pada antrian kasir.
  • Sediakan masker, penutup kepala, dan sarung tangan bagi setiap karyawan Anda. Jika memungkinkan, pasang plexiglass untuk membatasi area kasir dengan antrian.
  • Putar pengumuman di speaker outlet untuk mengingatkan pelanggan untuk selalu menggunakan masker dan mematuhi aturan physical distancing selama berada di area outlet.
  • Selalu sediakan hand sanitizer di tempat-tempat yang terjangkau. Sediakan juga alkohol untuk membersihkan gagang keranjang dan troli belanja.
  • Jangan memberikan tester produk dan hentikan penggunaan ruang ganti untuk sementara. Pertimbangkan juga untuk mengubah kebijakan retur barang selama pandemi COVID-19.
  • Atur jam operasional outlet selama pandemi COVID-19 masih belum selesai. Sediakan waktu lebih banyak untuk pembersihan outlet dan beri waktu istirahat lebih bagi karyawan Anda.

Informasikan kepada Pelanggan tentang Reopening

Langkah terakhir, informasikan kepada pelanggan Anda bahwa outlet Anda telah kembali beroperasi. Gunakan berbagi media komunikasi, seperti SMS, email, dan media sosial untuk memastikan informasi tersebut diterima oleh pelanggan Anda.

Gunakan ceklis berikut yang telah dibuat oleh tim Nimbly untuk memeriksa kesediaan bisnis Anda untuk kembali beroperasi di saat New Normal.

Klik pada gambar untuk melihat ceklis

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Read this article in your native language!

Related Articles

February 12, 2020
Cara Mudah Mengimplementasi Planogram
Tampilan merchandise sangat menentukan sukses tidaknya bisnis retail. Selain tampilan, posisinya yang teratur juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis retail untuk […]
March 2, 2021
Need to Improve Business? Try Mystery Shopping
Are you facing the challenge of gaining unbiased, consistent knowledge and insight into how customers perceive your brand? Mystery shopping can be the answer.
July 27, 2021
Why Visual Merchandising Is Important for Retail Businesses
Visual merchandising is all about the look, atmosphere, and culture of the shop and your brand. If these are done perfectly, it will help to increase the brand loyalty of your customers. Below are the importance of Visual Merchandising and how to implement it:
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy