Tetap Terhubung dengan Konsumen Selama Pandemi

May 5, 2020

Walau Anda harus menutup outlet sementara dan harus melakukan sebagian besar bahkan seluruh pekerjaan bisnis atau usaha Anda dari rumah, pastikan agar tetap terhubung dengan konsumen selama penyebaran pandemi masih masif seperti sekarang ini. Komunikasi dengan konsumen penting untuk dijaga agar konsumen tahu bahwa bisnis Anda masih terus berjalan dan mereka masih bisa mendapatkan layanan serta informasi bermanfaat dari bisnis yang Anda kerjakan.

Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan sebagai upaya untuk berinteraksi lebih dekat dengan konsumen selama himbauan mengisolasi diri di rumah masih diberlakukan.

Tunjukkan upaya pencegahan COVID-19 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menunjukkan kepada konsumen bahwa perusahaan atau usaha Anda juga berpartisipasi aktif dalam mendukung langkah-langkah pemerintah mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Cara ini termasuk menunjukkan kebijakan Anda terkait operasional bisnis yang dilakukan, seperti perubahan sistem layanan kepada konsumen yang tidak mengharuskan konsumen melakukan kontak fisik langsung.

Sediakan juga informasi-informasi bermanfaat yang dapat membantu konsumen Anda untuk mencegah penyebaran virus. Jika memungkinkan, Anda juga dapat melakukan aksi amal untuk konsumen setia Anda yang membutuhkan bantuan selama pandemi ini berlangsung sebagai bentuk solidaritas dan itikad baik menjunjung relasi bisnis Anda dengan konsumen.

Baca juga: Langkah-langkah yang Perlu Diambil Pemilik Bisnis Saat Pandemi

Tingkatkan konten media sosial

Informasi seputar upaya pencegahan COVID-19 di atas dapat Anda konversikan dalam bentuk konten digital yang diunggah di akun sosial media resmi bisnis atau usaha Anda. Meningkatkan frekuensi keaktifan usaha Anda di sosial media dapat meningkatkan engagement dengan konsumen Anda yang juga banyak menghabiskan waktu isolasinya di sosial media. Bukan tidak mungkin, Anda juga dapat memperluas pasar Anda dengan hadirnya konten-konten sosial media ini.

Tampilkan konten digital yang relevan dengan kebutuhan konsumen Anda. Namun, jangan lupa inti komunikasi dari sosial media bisnis Anda, yakni mengkomunikasikan tentang bisnis serta layanan yang ditawarkan. Manfaatkan tim sosial media yang Anda miliki untuk menciptakan strategi-strategi pemasaran digital yang menarik untuk dilihat. Sederhana namun tetap bermanfaat bagi konsumen yang mengikuti bisnis Anda di sosial media.

Fokuskan pelayanan konsumen secara digital

Karena interaksi dengan konsumen di masa-masa ini hanya bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang ada, maka maksimalkanlah pelayanan konsumen secara digital. Cari cara paling efektif dan efisien untuk memastikan konsumen tetap mendapat layanan terbaik. Buatkan jasa webinar yang dapat diakses konsumen secara online atau siaran langsung di sosial media untuk melakukan Q&A terkait tema-tema tertentu yang berhubungan dengan produk atau jasa perusahaan Anda.

Selain itu, upaya lainnya yang dapat Anda lakukan adalah memungkinkan konsumen untuk melakukan pemesanan secara online di saat-saat seperti ini. Anda harus menyediakan jasa antar yang terpercaya untuk memudahkan transaksi. Anda dapat memakai jasa kurir online atau pengiriman antar kota yang masih aktif. 

Anda juga dapat memberikan pilihan layanan lain seperti pemesanan dalam grup yang nantinya akan disalurkan satu per satu kepada masing-masing pemesan dalam satu alamat tujuan. Maksimalkan layanan Anda agar dapat mempermudah konsumen Anda dalam memenuhi kebutuhan di rumah. Ini berarti Anda juga harus membuka portal komunikasi digital atau memanfaatkan fitur marketplace tertentu untuk memungkinkan konsumen bertanya dengan mudah.

Baca juga: Produktif Selama Pandemi, Ini Program yang Dapat Dilakukan

Dengan sistem layanan berbasis fitur digital seperti ini yang bermanfaat untuk tetap memastikan usaha Anda terhubung dengan konsumen selama pandemi, berarti akan ada beberapa perubahan yang perlu diterapkan perihal operasional pemesanan produk. Beberapa tim serta karyawan yang berfungsi di divisi ini harus melakukan semua pemesanan dan pengiriman dari rumah. Anda bisa memberlakukan shift kerja terbatas untuk menjaga aktivitas pemesanan dari gudang supply dilakukan dengan jumlah karyawan sedikit untuk tetap menjaga pola physical distancing.

Karena pekerjaan dilakukan secara online dan dalam shift kerja dengan durasi yang pendek, ada begitu banyak hal yang dapat terlewatkan saat mengganti shift. Karena itu, manfaatkan fitur checklist dari aplikasi Nimbly untuk membantu karyawan Anda memeriksa apakah seluruh pekerjaan sudah dilakukan sesuai dengan SOP. Dengan memakai Nimbly yang bisa diakses lewat smartphone masing-masing karyawan, tidak perlu terjadi kontak fisik selama proses alih shift berlangsung. Kerja jadi lebih aman dan bisnis Anda tetap terhubung dengan konsumen.

Anda memiliki produk F&B dan Retail khusus selama COVID-19? Hubungi tim marketing kami di [email protected]

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Table of Contents

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture - Nimbly Agriculture HVCO -

Read this article in your native language!

Related Articles

April 20, 2020
Produktif Selama Pandemi, Ini Program yang Dapat Dilakukan
Pandemi COVID-19 tidak boleh menghalangi produktivitas Anda dalam bekerja. Walau kini kebanyakan orang diharuskan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan membatasi aktivitas di ruang […]
November 27, 2020
3 Tips for Overcoming Challenges in Facility Management [Infographic]
What are the common challenges faced by facility managers and how can you overcome it?
January 12, 2021
4 Ways SOP Can Improve Your Profitability
Feeling like your business lacks organization and efficiency? You might be lacking in the SOP. Find out how SOPs help to leverage business and profit here.
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy