Tingkatkan Sales Akhir Tahun Anda dengan Visual Merchandising

December 4, 2019

Tidak terasa, sebentar lagi sudah akan memasuki akhir tahun. Mall dan restauran sudah banyak terhiasi oleh ornamen-ornamen natal. Pohon natal dan ornamen berwarna merah dan hijau sudah banyak menghiasi pintu-pintu toko. Suasana natal pun mulai terbangun.

Natal yang mendekat juga menandakan bahwa sebentar lagi akan diadakan sales akhir tahun besar-besaran. Pembelian barang langsung di toko menyumbang 80% dari semua pembelian barang yang terjadi selama musim liburan. Angka ini besar sekali, lho!

Oleh karena itu, banyak toko-toko yang memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan sales saat akhir tahun adalah dengan menerapkan visual merchandising

Visual merchandising adalah suatu metode yang dilakukan pemilik toko dengan cara memasang pajangan produk yang dijual dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Visual merchandising akan sangat berefek saat diterapkan waktu musim liburan. Orang akan berbondong-bondong mencari hadiah natal dan berakhir membeli banyak produk saat melihat visual merchandising yang bagus.

Visual merchandising yang bagus akan membuat seseorang berhenti dan tidak tahan untuk membeli produk saat itu juga. Pembelian yang meningkat tentunya akan meningkatkan profit dari sebuah perusahaan pula. Oleh karena itu, visual merchandising sangat efektif dan perlu diterapkan pada saat sales akhir tahun nanti.

Sebenarnya, apa saja tips-tips untuk meningkatkan sales akhir tahun menggunakan visual merchandising? Mari simak tips-tips di bawah ini.

Pergunakan tema

Anda dapat menggunakan tema untuk menyajikan visual merchandising yang lebih menarik. Misalnya, apabila toko ingin menggunakan tema Red Christmas pada semua pajangan, maka tema ini harus konsisten di semua toko. Tema merah yang senada di setiap toko akan membuat pajangan produk lebih mudah diingat. Selain itu, tentunya penggunaan tema yang unik akan menarik pembeli untuk mengunjungi toko.

Sumber: Pixabay.com

Jual produk dalam bentuk paket

Saat masa-masa liburan, tentunya pengunjung akan memiliki banyak daftar belanjaan yang harus dibeli. Pengunjung juga akan kebingungan mencari produk-produk mana yang cocok digabung menjadi satu untuk menjadi sebuah hadiah.

Pihak toko dapat membuat paketan produk untuk mempermudah pengunjung. Misalnya, toko membuat paketan skincare dari pembersih muka, toner, moisturizer, hingga sun screen. Paketan ini akan menarik pembeli karena mereka tidak perlu susah-susah untuk memikirkan paketan hadiah yang diberikan seseorang.

Pasanglah gift card di toko

Walapun hari ini semua sudah serba elektronik, namun jangan remehkan pemajangan gift card di toko Anda. Setidaknya, masih ada sekitar 63% dari pengunjung yang akan membeli satu gift card ketika masa liburan akhir tahun seperti ini tiba.

Oleh sebab itu. jika selama ini Anda masih memasang gift cards hanya di bagian depan dekat kasir atau bagian tengah toko yang tersembunyi, maka sebaiknya Anda harus berbenah. Penelitian dari National Retail Federation bahkan menyatakan bahwa pengunjung cenderung akan membeli satu barang tambahan lagi (terlepas dari barang utama yang memang ingin mereka beli di awal) ketika melihat gift card yang terpajang di berbagai lokasi toko.

Gunakan tampilan interaktif

Penggunaan tampilan yang interaktif akan lebih menarik perhatian pelanggan. Indera pelanggan akan lebih aktif dan berfungsi apabila dihadapkan tampilan interaktif.  Apabila Anda ingin melibatkan indera perabaan, maka Anda dapat menampilkan produk di layar yang bisa disentuh. Anda dapat menambahkan musik atau suara-suara tertentu agar melibatkan indera pendengaran. Justru tampilan interaktif inilah yang akan membuat belanja secara langsung lebih unggul dari belanja secara online.

Pastikan pajangan tetap sederhana

Dekorasi memang penting untuk menarik pengunjung. Namun pastikan dekorasi, lampu, dan warna-warna tidak berlebihan dan membuat pengunjung merasa risi. Tetap buat tokomu menarik menggunakan desain dan tampilan yang sederhana namun tepat sasaran. Usuhan untuk fokus ke satu pesan tertentu atau suatu produk utama yang ingin Anda jual.

Buatlah checklist

Selain merencanakan visual merchandising yang tepat, tentunya pelaksanaannya pun juga harus dimonitor agar tetap sesuai tujuan. Anda dapat menggunakan Nimbly untuk memeriksa implementasi strategi visual merchandising di lapangan. Dengan menggunakan Nimbly, pihak manajemen bisa melampirkan referensi yang dapat digunakan untuk penataan visual merchandising. Selain itu, Nimbly juga akan menyediakan kuisioner untuk mengecek implementasi visual merchandising. Penjaga store juga dapat melaporkan keadaan visual merchandising secara langsung pada manajemen menggunakan aplikasi Nimbly.

Demikianlah 6 tips yang dapat meningkatkan sales akhir tahun dengan mengimplementasikan visual merchandising yang tepat sasaran. Semoga bermanfaat!

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Table of Contents

Read this article in your native language!

Related Articles

February 8, 2021
Escalate Your Retail Business Growth With These 3 Steps
Some say that growing a business is harder than starting a new one. Evaluate these things to see whether you are ready for a business expansion.
March 2, 2021
Need to Improve Business? Try Mystery Shopping
Are you facing the challenge of gaining unbiased, consistent knowledge and insight into how customers perceive your brand? Mystery shopping can be the answer.
January 26, 2021
6 Ways to Step up Your Order Fulfillment Process
Significant increase in online retail orders might cause your employee to struggle to keep your fulfillment on track. Here are 6 tips to step up your order fulfillment process.
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy