Free E-Book
Nimbly Technologies logo png transparent
See How Nimbly Works in 5 Minutes

Tips Mempermudah KPI Monitoring Selama Work From Home

3 min read

Seluruh dunia sedang mengalami dampak dari penyebaran pandemi yang belum mereda. Sektor ekonomi juga sangat terpengaruh dengan kondisi ini dikarenakan aktivitas industri dan bisnis hampir tidak bisa berjalan dan dipaksa untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada. Beberapa pekerjaan dan fungsi lain harus bisa dikerjakan dari rumah dengan perangkat seadanya dan tidak selengkap saat bekerja dari kantor. Jalur komunikasi juga berubah karena pekerjaan tidak lagi dilakukan secara tatap muka langsung.

Tidak heran kalau beberapa bisnis dan industri mengalami kendala dalam masa penyesuaian dengan sistem kerja dari rumah ini. Terutama untuk tetap menghasilkan kinerja yang sama optimalnya seperti saat pekerjaan tersebut dikerjakan langsung dari kantor. Ini berarti harus ada cara memonitor Key Performance Indicators (KPI) selama work from home diterapkan. Berikut cara yang dapat Anda coba terapkan pada sistem work from home di perusahaan atau bisnis Anda.

Adaptasi Sistem dan SOP Selama Work from Home

Lakukan perubahan sementara pada sistem dan SOP yang berlaku untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kerja selama work from home. Pastikan juga penyelarasan ini menyertakan poin-poin kerja yang dapat diukur serta dipantau dari jarak jauh. Fungsinya tentu saja untuk memperjelas sistem kerja baru yang harus dilakukan dari rumah. Hal ini perlu agar para karyawan dan segenap tim paham apa saja yang menjadi kewajiban serta tanggung jawab mereka.

Misalnya seperti jam kerja, perlu ada sistem khusus yang memastikan karyawan Anda memulai pekerjaannya dari rumah tepat waktu sebagaimana saat ia bekerja dari kantor. Ini dapat disiasati dengan melakukan absen manual melalui panggilan video singkat kepada supervisor masing-masing sebelum jam kerja dimulai dan sesudah jam kerja selesai.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan sistem ini dalam SOP baru yang hanya berlaku selama work from home diberlakukan. Jabarkan dalam daftar yang rinci untuk setiap fungsi kerja. Selain jam kerja, atur juga mengenai kebijakan lain yang berlaku secara umum dan penerapannya sekarang seperti apa. Termasuk peraturan tentang cuti kerja, sistem pelaporan kerja, serta alur pertanggungjawaban yang harus dibuat lebih efisien.

Baca juga: Tips Memberlakukan Sistem Peraturan Work From Home

Buat Regulasi Harian untuk Menjaga Trafik Kerja

Perhatikan traffic kerja harian setiap karyawan dalam setiap tim. Pastikan setiap karyawan dan tim memiliki daftar skala prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya. Ini berarti harus ada daftar-daftar deadline kerja yang jelas dan kepada siapa pekerjaan tersebut dilaporkan atau dilimpahkan jika karyawan yang bersangkutan cuti kerja, sakit, atau tidak dapat bekerja sama sekali.

Jika pekerjaan bersifat estafet, yakni harus dikerjakan secara bertahap dan berantai, maka daftar traffic pekerjaan ini harus dibuatkan dalam sistem database tertentu yang dapat diakses oleh semua tim yang terlibat. Sehingga, status pekerjaan dan perkembangannya dapat dipantau juga oleh setiap orang yang tergabung dalam projek tersebut. Pekerjaan pun menjadi lebih efektif dan efisien untuk diselesaikan.

Manfaatkan Fitur Teknologi untuk Memonitor Kerja

Karena sebagaian besar pekerjaan ini dilakukan dari jarak jauh, pastikan juga Anda sudah menetapkan fitur-fitur teknologi atau aplikasi apa saja yang akan digunakan selama work from home diberlakukan. Pastikan semua karyawan memiliki fitur tersebut selama bekerja, termasuk perangkat yang memadai untuk memakai fitur teknologi yang dibutuhkan oleh operasional bisnis Anda selama bekerja dari rumah.

Fitur-fitur teknologi yang harus dimiliki oleh karyawan Anda selama bekerja dari rumah termasuk aplikasi untuk keperluan komunikasi antar tim, aplikasi untuk melakukan pekerjaan secara kolaboratif dan virtual, juga aplikasi untuk melakukan pengawasan terhadap daftar-daftar pekerjaan serta traffic pekerjaan yang ditugaskan pada setiap tim sehari-harinya. Daftar-daftar ini juga harus mudah diakses oleh siapa saja.

Baca juga: 7 Aplikasi untuk membantu Kerja Remote

Anda dapat memanfaatkan aplikasi Nimbly untuk membantu Anda memonitor pekerjaan tim. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengubah SOP Anda menjadi checklist operasional dan mengirimkannya ke masing-masing karyawan. Anda dapat mengatur kapan checklist tersebut harus dikerjakan dan meminta tim Anda untuk melampirkan foto dan video untuk mendukung jawaban checklist mereka. Tim Anda juga dapat melaporkan kendala yang mereka temui melalui Nimbly. Anda akan segera menerima notifikasi dari anggota tim tersebut, sehingga Anda dapat segera menindaklanjutinya. Nimbly juga memiliki fitur geo-location yang bisa memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar bekerja dari rumah di saat social distancing seperti ini. 

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Table of Contents

Free F&B eBook: Learn from the Industry Experts

FREE eBook 8 Powerful Ingredients for F&B Success in the COVID and Post COVID Era

Read this article in your native language!

No Fluent Forms Found

Related articles for you

Let's have a chat !

Offices

[email protected]
+62 812 9089 9882
+1 214 736 3470
+66 81 355 7244
+63 950 172 5155
© 2021 – 2022 , Nimbly App