5 Manfaat Beralih ke Audit Paperless

November 6, 2019

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan tentu selalu mencari cara untuk melakukan efisiensi operasional, merampingkan pengeluaran, dan menghemat waktu. Tahukah Anda bahwa salah satu strategi untuk mencapai hal tersebut adalah mengurangi penggunaan kertas? Strategi ini mungkin terdengar sederhana, tetapi selain untuk melestarikan lingkungan, ternyata ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggalakkan aksi paperless ini, loh!

Salah satu departemen yang akan merasakan dampak positif dari aksi paperless ini secara signifikan tentunya adalah Departemen Operasional. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan teman-teman Ops dengan mengimplementasikan sistem audit paperless?

1. Peningkatan efisiensi operasional bisnis

Memberikan hasil seoptimal mungkin dengan penggunaan waktu dan biaya seefisien mungkin adalah tujuan utama setiap tim operasional. Dengan menghapus sistem entri data manual, Anda dapat mengalokasikan waktu yang sebelumnya terbuang sia-sia untuk memasukkan data secara manual untuk melakukan hal-hal yang lebih strategis. Sistem entri data digital juga akan mengurangi tingkat kesalahan penginputan data. Tentu saja, sistem entri data digital ini juga akan memangkas biaya cetak, pembelian kertas, pemeliharaan dokumen, dan pengadaan ruang penyimpanan.

2. Standarisasi laporan dan sistem audit di seluruh cabang perusahaan

Dengan menggunakan sistem audit digital, Anda dapat memastikan bahwa auditor di lapangan menggunakan kuesioner dan sistem yang sama untuk setiap lokasi. Anda juga dapat melampirkan modul sebagai referensi visual bagi auditor Anda dalam melakukan audit. Jika seluruh auditor menggunakan sistem yang sama untuk mengaudit lapangan, Anda dapat mengumpulkan wawasan secara lebih akurat dan mendapatkan gambaran kualitas operasional organisasi secara keseluruhan dengan lebih baik. Anda tidak perlu repot menginformasikan dan mencetak ulang jika terdapat pembaruan kuesioner.

3. Tangani masalah yang terjadi di lapangan dengan segera

Dengan sistem audit digital, Anda yang sedang berada di dalam kantor dapat langsung melihat hasil audit yang dilakukan di lapangan begitu laporan selesai dikerjakan. Dengan begitu, setiap ada temuan masalah, Anda bisa langsung mengetahuinya. Informasi mengenai temuan isu tersebut juga dapat langsung dikirimkan ke departemen-departemen terkait. Anda tidak perlu menunggu berhari-hari untuk menerima laporan dan bertukar pesan dengan tim yang ada di lapangan. Masalah akan lebih cepat diselesaikan.

4. Miliki akses data 24/7 di telapak tangan Anda

Sistem audit digital memungkinkan Anda untuk mengakses data di mana pun dan kapan pun. Hal ini dikarenakan setiap dokumen disimpan dengan teknologi berbasis cloud. Anda tidak perlu lagi membuang waktu dan tenaga untuk memilah-milah tumpukan dokumen untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Anda juga tidak perlu lagi menyediakan ruang penyimpanan untuk segudang kertas.

5. Perkuat keputusan bisnis dengan menganalisa tren

Sistem audit digital yang komprehensif memiliki fitur untuk mengolah dan mem-visualisasikan data yang dikumpulkan dari audit-audit lapangan yang telah dikerjakan. Data tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk melihat tren yang terjadi dalam perusahaan, demi pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Perusahaan tidak perlu lagi pusing dengan urusan menyimpan kertas, menginput data dan mengolah data secara manual.

Mengubah sistem audit dari menggunakan kertas menjadi digital membawa banyak sekali keuntungan, bukan? Anda dapat membuat proses audit menjadi lebih mudah, akurat, dan cepat. Jadi, tertarik untuk menerapkan konsep paperless

Nimbly adalah solusi mobile yang mengubah proses operasional manual menjadi informasi yang dapat langsung ditindaklanjuti. Dengan mendigitalisasi kuesioner manual dan mengolah data menjadi wawasan, Nimbly memungkinkan perusahaan untuk melakukan manajemen operasi kapan saja, di mana saja.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Nimbly dapat membantu Anda mengubah sistem audit manual menjadi digital?

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture

5 Ways to Optimize Operations & Enhance Sustainability in Agriculture - Nimbly Agriculture HVCO -

Read this article in your native language!

Related Articles

December 10, 2020
Operational Problems Piling Up? Solve Them With These 8 Steps
When operational issues occur, a company need to find a solution fast to solve them. These are important steps to take to solve these operational problems.
November 13, 2020
5 Trends in Operations Management During COVID-19 [Infographic]
To help you be prepared for the forthcoming challenges, look at some of this emerging trends in operations management in response to the global pandemic.
April 20, 2020
Produktif Selama Pandemi, Ini Program yang Dapat Dilakukan
Pandemi COVID-19 tidak boleh menghalangi produktivitas Anda dalam bekerja. Walau kini kebanyakan orang diharuskan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan membatasi aktivitas di ruang […]
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy