5 Solusi Praktis dalam Mengelola Beberapa Cabang Bisnis

Semakin besar perusahaan Anda, semakin besar pula kesempatan untuk membuka cabang bisnis di beberapa kota dan tempat. Akan tetapi, membuka dan mengelola cabang bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Namun, ada beberapa solusi praktis dalam mengelolanya. Bagaimana dan apa sajakah solusinya? Simak ulasannya berikut ini.

Terapkan Sistem Manajemen yang Tepat

Sebagai langkah awal dalam menangani dan mengelola cabang bisnis, Anda perlu menerapkan manajemen yang tepat. Manajemen yang tepat adalah bagaimana menangani semua divisi dengan efektif dan efisien. Karena itulah, Anda harus merancang prosedur dan syarat operasional standar perusahaan.

Anda juga bisa menggunakan teknologi seperti Nimbly untuk memeriksa implementasi SOP dengan mudah. Penggunaan teknologi dapat mengurangi human error yang bisa merugikan perusahaan. Sistem ini juga dapat digunakan untuk manajemen inventaris dan hal operasional lainnya.

Metode Komunikasi yang Mudah dan Cepat

Hal berikutnya sebagai solusi praktis dalam mengelola cabang bisnis yakni Anda perlu menerapkan komunikasi yang mudah dan cepat. Terkadang aturan dan birokrasi dalam sebuah perusahaan justru menghambat kinerja para karyawan. Dengan demikian, selain mengganggu produktivitas hal tersebut juga berdampak pada hasil dan keuntungan perusahaan.

Di era digital seperti sekarang, ada banyak media komunikasi yang bisa digunakan oleh para manajer dan pemilik perusahaan. Tidak harus bertatap muka secara langsung atau menggunakan formulir yang berputar-putar, Anda bisa menerapkan sistem lainnya yang lebih efisien. Jelas, selain menghemat waktu, sistem ini juga meningkatkan kinerja karyawan. Dengan begitu segala permasalahan dapat segera ditangani.

Rekrut Manajer Terbaik

Kesalahan dalam perekrutan dalam sebuah perusahaan tidak hanya terjadi pada saat merekrut karyawan saja, tetapi juga bagaimana untuk merekrut manajer terbaik. Hal ini sangatlah beralasan. Sebab, seorang manajer harus mampu mengemban tugas yang tidak mudah dan besar. Terlebih untuk pekerjaan dan menerapkan sistem yang telah disebutkan dalam poin pertama tersebut.

Kesalahan yang biasa dilakukan para manajer seperti menganggap remeh para karyawan. Kemudian masalah berikutnya adalah penggunaan anggaran, hingga kurang memberikan pelatihan kepada para karyawannya. Maka, sebagai pimpinan perusahaan salah satu solusi dalam mengembangkan cabang bisnis adalah bagaimana Anda untuk merekrut manajer untuk bisnis cabang dengan reputasi terbaik. Sebaiknya, rekrutlah mereka yang sudah berpengalaman dalam waktu yang cukup lama.

Sumber: Pexels

Pelaporan dan Pengawasan Secara Berkala

Selain ketiga hal di atas, ketika Anda mengelola beberapa cabang bisnis penting untuk memperhatikan pelaporan dan pengawasan secara berkala. Pengawasan dan pelaporan yang berkala ini dapat dilakukan untuk mengetahui apa saja yang segera diperbaiki dan bahkan mana yang perlu dipertahankan.

Khususnya dalam hal pencatatan dan pelaporan keuangan. Jangan sampai Anda mengetahui ‘kebocoran’ manajemen ini dengan terlambat. Hal tersebut akan menghambat jalannya bisnis yang sedang Anda kerjakan. Bahkan, jika dibiarkan secara terus menerus bisa membuat perusahaan menjadi bangkrut.

Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Konsumen

Terakhir dalam mengelola beberapa cabang bisnis Anda perlu untuk menerapkan pelayanan terbaik kepada konsumen. Hal ini karena konsumen merupakan ujung tombak dalam bisnis apa saja yang Anda kerjakan. Saat Anda memberikan pelayanan yang berkualitas baik, Anda pun membuka pintu bagi konsumen tersebut untuk loyal, bahkan untuk konsumen baru sekalipun.

Untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen, Anda bisa memberikan pelayanan seperti pembayaran yang mudah. Contohnya dengan memberikan aplikasi dan kemudahan membayar melalui platform beragam mulai dari dompet online, kartu kredit hingga pembayaran tunai. Jangan lupa untuk memberikan bonus atau reward bagi konsumen dan mitra yang setia terhadap produk yang Anda buat. Pastikan seluruh karyawan Anda mengerti prosedur ini dan dapat membantu pelanggan melakukan transaksi dengan lancar.

Pastinya sulit bagi Anda untuk mengawasi secara detail setiap cabang usaha yang Anda miliki. Untuk dapat mengawasi seluruh unit bisnis Anda tanpa menghabiskan waktu dan tenaga, Anda dapat menggunakan teknologi manajemen operasional seperti Nimbly. Dengan Nimbly, Anda dapat mengetahui masalah apa saja yang terjadi di lapangan secara real-time tanpa harus mendatangi outlet satu per satu. Kemudian, Anda hanya perlu menugaskan masalah yang ditemukan ke tim yang bersangkutan hanya dalam satu aplikasi.

Demikianlah solusi-solusi yang dapat Anda terapkan dalam mengelola beberapa cabang bisnis agar tetap berjalan dengan baik. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Konsultasikan manajemen operasional bisnis Anda gratis dengan tim Nimbly.

About Nimbly

Nimbly transforms manual operations audit processes into app-based checklists for front-line workers to generate reports instantly, centralize insights in real-time, and ensure thorough issue resolution.

Free F&B eBook: Learn from the Industry Experts

FREE eBook 8 Powerful Ingredients for F&B Success in the COVID and Post COVID Era

Read this article in your native language!

Related Articles

January 12, 2021
4 Ways SOP Can Improve Your Profitability
Feeling like your business lacks organization and efficiency? You might be lacking in the SOP. Find out how SOPs help to leverage business and profit here.
October 21, 2020
Keeping Your Business and Customers Safe during COVID-19 [Infographic]
Coronavirus hasn't gone away, but not few people act as if it has. That's why we're here to remind you that, even if we're being allowed to slowly increase our services and operations, it's vital that we keep implementing the health & safety protocol strictly.
October 12, 2020
Increase Operating Profit Margin and Improve Your Business Profitability
What is operating profit margin? Operating Profit Margin is a profitability or performance ratio that reflects the percentage of profit your company produces from its […]
No more content to load.

Intelligent workflows for empowered teams.

Gain instant insights for long term success.
Nimbly brings you new opportunities.
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy
© 2021 , Nimbly App Terms of ServicePrivacy Policy